Strategi Pemenangan dan Marketing Politik Pasangan Budhi Sarwono dan Syamsudin Pada Pilkada Kabupaten Banjarnegara Tahun 2017

Siska Widya Ningrum,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuanĀ  untuk mendeskripsikan strategi pemenangan dan strategi marketing politik pasangan Budhi Sarwono dan Syamsudin dalam memenangkan Pilkada Kabupaten Banjarnegara tahun 2017. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive yang terdiri atas tim sukses dan partai pengusung. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Divalidasi dengan triangulasi sumber data, dan dianalisis mengikuti teknik interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemenangan pasangan Budhi Sarwono dan Syamsudin dalam memenangkan Pilkada Kabupaten Banjarnegara tahun 2017 diantaranya: (1) Survei lapangan mengetahui permasalahan dan kebutuhan yang ada di masyarakat, serta untuk mengetahui sosok pemimpin yang diharapkan oleh masyarakat; (2) Membangun koalisi partai yang terdiri dari partai-partai besar yaitu golkar, PPP dan demokrat, serta membentuk tim pemenangan yang terdiri dari tim inti, tim relawan dan tim srikandi; (3) Pemetaan atau memetakan daerah untuk mengidentifikasi karakteristik dari setiap wilayah; (4) Kampanye simpatik dilakukan dengan dialog antara calon pasangan dengan masyarakat, dan dilakukan berbagai kegiatan seperti jalan santai, dan Bissa fun festival yang disasarkan untuk kaum muda atau pemilih pemula; (5) Mengenali lawan sedekat mungkin dengan mencari kelebihan dan kekuatan lawan berdasarkan SWOT analisis; (6) Saluran atau media yang digunakan oleh pasangan meliputi: stiker, pamflet, umbul-umbul, spanduk, baliho, facebook, instagram dan twitter.

Kata Kunci: Pilkada, Marketing Politik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.