PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH WANITA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH
Sugiyem M.Pd.,
Abstract
Tujuan penelitian ini: 1) menghasilkan media pembelajaran menggambar proporsi tubuh wanita
menggunakan macromedia flash 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran menggambar proporsi tubuh
wanita menggunakan Macromedia fash. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D)
menggunakan model pengembangan dari Luther yang terdiri dari enam tahapan yaitu concept, design,
material collecting, assembly, testing dan distribution. Penelitian dilaksanakan di SMK PIRI 2 Yogyakarta
dengan subyek penelitian sebanyak 20 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
diskriptif. Hasil penelitian ini berupa: 1) terciptanya media pembelajaran menggambar proporsi tubuh wanita
menggunakan macromedia flash melalui enam tahapan pengembangan yaitu concept, design, material
collecting, assembly, testing dan distribution. 2) Kelayakan media pembelajaran menggambar proporsi tubuh
wanita berdasarkan penilaian para ahli termasuk dalam kategori layak dengan presentase kelayakan 100%.
Hasil uji coba terbatas menunjukkan 60% siswa sangat setuju dan 40% siswa setuju. Sedangkan hasil uji
coba luas menunjukkan 20% siswa sangat setuju dan 80% siswa setuju media berbasis Macromedia Flash
sebagai media pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran sudah “layak” digunakan
untuk pembelajaran menggambar proporsi tubuh wanita.
Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, menggambar proporsi tubuh wanita, macromedia
flash
menggunakan macromedia flash 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran menggambar proporsi tubuh
wanita menggunakan Macromedia fash. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D)
menggunakan model pengembangan dari Luther yang terdiri dari enam tahapan yaitu concept, design,
material collecting, assembly, testing dan distribution. Penelitian dilaksanakan di SMK PIRI 2 Yogyakarta
dengan subyek penelitian sebanyak 20 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
diskriptif. Hasil penelitian ini berupa: 1) terciptanya media pembelajaran menggambar proporsi tubuh wanita
menggunakan macromedia flash melalui enam tahapan pengembangan yaitu concept, design, material
collecting, assembly, testing dan distribution. 2) Kelayakan media pembelajaran menggambar proporsi tubuh
wanita berdasarkan penilaian para ahli termasuk dalam kategori layak dengan presentase kelayakan 100%.
Hasil uji coba terbatas menunjukkan 60% siswa sangat setuju dan 40% siswa setuju. Sedangkan hasil uji
coba luas menunjukkan 20% siswa sangat setuju dan 80% siswa setuju media berbasis Macromedia Flash
sebagai media pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran sudah “layak” digunakan
untuk pembelajaran menggambar proporsi tubuh wanita.
Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, menggambar proporsi tubuh wanita, macromedia
flash
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i5.5110
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1