PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BUSANA PRIA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK MA’ARIF NURUL HAROMAIN SENTOLO YANG BERBASIS PONDOK PESANTREN

Feni Nur'Aini,
Dr. Widihastuti,

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembelajaran busana pria kelas XI program
keahlian tata busana di SMK Ma’arif Nurul Haromain Sentolo yang berbasis pondok pesantren; (2) keunggulan &
kekurangan pelaksanaan pembelajaran busana pria kelas XI program keahlian tata busana di SMK Ma’arif Nurul
Haromain Sentolo yang berbasis pondok pesantren. Jenis penelitian berupa deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data
berupa teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1.a) pelaksanaan pembelajaran busana pria ditinjau dari
hasil observasi masuk dalam kategori sangat baik; (1.b) pelaksanaan pembelajaran busana pria ditinjau dari hasil angket
masuk dalam kategori sangat baik; (1.c) pelaksanaan pembelajaran busana pria ditinjau dari hasil wawancara
menunjukkan bahwa 31 item kegiatan telah dilaksanakan dan 1 item tidak dilaksanakan; (2.a) keunggulan pelaksanaan
pembelajaran busana pria terdapat pada penyampaian salam dan do’a, presensi, konfirmasi hasil eksplorasi dan elaborasi,
tanya jawab, & penutup;(2.b) kekurangan pelaksanaan pembelajaran busana pria terdapat pada indikator sumber belajar,
laporan praktik dan kompetisi
Kata kunci : pelaksanaan pembelajaran, busana pria, SMK Ma’arif Nurul Haromain Sentolo

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i5.4409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1