PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN BELAHAN BUSANA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR
Dr. Widjiningsih,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, 2) mengetahui
pendapat siswa, dan 3) meningkatkan kompetensi pembuatan belahan busana menggunakan media
pembelajaran flipchart pada siswa kelas X Tata Busana di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur.
Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan instrumen: penilaian unjuk kerja dan tes, panduan
observasi, angket pendapat siswa. Validitas instrumen dibuktikan dengan validitas isi oleh judgement
expert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan
persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat
baik yaitu terlaksana 87,5% pada siklus 1 dan 100% pada siklus II, 2) pendapat siswa tentang
penggunaan media flipchart sebanyak 11 siswa (85%) berpendapat senang dan 2 siswa (15%)
berpendapat cukup senang, dan 3) kompetensi siswa meningkat, yaitu pada prasiklus 8 siswa (62%)
belum tuntas dan 5 siswa (38%) tuntas, meningkat 20% pada siklus I, yaitu 2 siswa (15%) belum
tuntas dan 11 siswa (85%) tuntas, dan meningkat 11% pada siklus II yaitu 13 siswa (100%) tuntas
memenuhi KKM. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media
pembelajaran flipchart mampu meningkatkan kompetensi pembuatan belahan busana pada siswa kelas
X tata busana di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur.
Kata kunci: kompetensi, belahan busana, flipchart
pendapat siswa, dan 3) meningkatkan kompetensi pembuatan belahan busana menggunakan media
pembelajaran flipchart pada siswa kelas X Tata Busana di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur.
Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan instrumen: penilaian unjuk kerja dan tes, panduan
observasi, angket pendapat siswa. Validitas instrumen dibuktikan dengan validitas isi oleh judgement
expert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan
persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat
baik yaitu terlaksana 87,5% pada siklus 1 dan 100% pada siklus II, 2) pendapat siswa tentang
penggunaan media flipchart sebanyak 11 siswa (85%) berpendapat senang dan 2 siswa (15%)
berpendapat cukup senang, dan 3) kompetensi siswa meningkat, yaitu pada prasiklus 8 siswa (62%)
belum tuntas dan 5 siswa (38%) tuntas, meningkat 20% pada siklus I, yaitu 2 siswa (15%) belum
tuntas dan 11 siswa (85%) tuntas, dan meningkat 11% pada siklus II yaitu 13 siswa (100%) tuntas
memenuhi KKM. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media
pembelajaran flipchart mampu meningkatkan kompetensi pembuatan belahan busana pada siswa kelas
X tata busana di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur.
Kata kunci: kompetensi, belahan busana, flipchart
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i3.3148
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1