FAKTOR-FAKTOR EKSTERNAL PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BUSANA INDUSTRI DI SMK NEGERI 3 MAGELANG

Elsa Lesmayani,
Sri Emy Yuli Suprihatin, M.Si,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor eksternal penyebab kesulitan belajar apa saja
yang dialami oleh siswa kelas XI dalam mengikuti mata pelajaran Busana Industri di SMK N 3
Magelang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas Xl program kahlian Busana Butik SMK N 3 Magelang yang berjumlah
72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan menggunakan 4 alternatif jawaban.
Validitas instrumen dengan menggunakan pertimbangan para ahli (judgement expert). Reliabilitas
instrumen dihitung menggunakan SPSS dengan rumus alfa cronbach untuk instrumen angket. Metode
analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
faktor-faktor eksternal penyebab kesulitan belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran busana industri
di SMK N 3 Magelang adalah : (1) Faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat dan yang
paling mendominasi adalah faktor sekolah (2) faktor keluarga yang meliputi sarana belajar, keadaan
ekonomi, perhatian, dukungan, pengawasan, suasana belajar dan yang paling mendominasi adalah faktor
dukungan (3) faktor sekolah meliputi sarana belajar, kesesuaian alat, kondisi ruangan, lokasi sekolah dan
yang paling mendominasi adalah kesesuaian alat (4) faktor masyarakat meliputi pergaulan teman.
Kata kunci : faktor-faktor eksternal, kesulitan belajar, busana industri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i2.2421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1