MEDIA PEMBELAJARAN MENGUBAH POLA BLUS DALAM BENTUK VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK
Dr. Widjiningsih Widjiningsih,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan video media pembelajaran mengubah pola
blus, (2) mengetahui kelayakan video media pembelajaran mengubah pola blus, (3) mengetahui
efektivitas media video dalam pembelajaran mengubah pola blus yang menggunakan metode Think
Pair and Share. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). model
pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Tim Puslitjaknov.
Prosedur pengembangan terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) analisis kebutuhan; (2) mengembangkan
produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba skala kecil dan revisi; (5) uji coba skala besar dan
produk akhir. Penelitian dilaksanakan di SMK N 2 Godean dengan subjek penelitian pada uji coba
skala kecil 10 siswa dan skala besar 31 siswa kelas XI Tata Busana. Hasil penelitian ini adalah: (1)
produk video media pembelajaran mengubah pola blus yang dikemas dalam betuk CD, DVD, dan
flashdisk (2) kelayakan media video berdasarkan penilaian dari judgment expert termasuk dalam
kategori layak dengan persentase 100% dan menurut pendapat siswa pada uji coba skala kecil
sebanyak 40% menyatakan sangat setuju dan 60% menyatakan setuju. Sedangkan pada uji coba skala
besar sebanyak 54,8% menyatakan sangat setuju dan 45,2% menyatakan setuju. (3) video media
pembelajaran mengubah pola blus dengan metode Think Pair and Share termasuk dalam kategori
sangat efektif dengan hasil belajar siswa yang menunjukkan sebanyak 31 siswa (100%) mencapai
KKM.
Kata kunci: Pengembangan Video, Mengubah Pola Blus, SMKN 2 Godean.
blus, (2) mengetahui kelayakan video media pembelajaran mengubah pola blus, (3) mengetahui
efektivitas media video dalam pembelajaran mengubah pola blus yang menggunakan metode Think
Pair and Share. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). model
pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Tim Puslitjaknov.
Prosedur pengembangan terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) analisis kebutuhan; (2) mengembangkan
produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba skala kecil dan revisi; (5) uji coba skala besar dan
produk akhir. Penelitian dilaksanakan di SMK N 2 Godean dengan subjek penelitian pada uji coba
skala kecil 10 siswa dan skala besar 31 siswa kelas XI Tata Busana. Hasil penelitian ini adalah: (1)
produk video media pembelajaran mengubah pola blus yang dikemas dalam betuk CD, DVD, dan
flashdisk (2) kelayakan media video berdasarkan penilaian dari judgment expert termasuk dalam
kategori layak dengan persentase 100% dan menurut pendapat siswa pada uji coba skala kecil
sebanyak 40% menyatakan sangat setuju dan 60% menyatakan setuju. Sedangkan pada uji coba skala
besar sebanyak 54,8% menyatakan sangat setuju dan 45,2% menyatakan setuju. (3) video media
pembelajaran mengubah pola blus dengan metode Think Pair and Share termasuk dalam kategori
sangat efektif dengan hasil belajar siswa yang menunjukkan sebanyak 31 siswa (100%) mencapai
KKM.
Kata kunci: Pengembangan Video, Mengubah Pola Blus, SMKN 2 Godean.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i2.2419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1