MODEL PEMBELAJARAN TIPEJIGSAW BERBANTUAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFANSISWA PADA MATERI BATIK JUMPUTAN

Annisa Nur Rahmah,
Kapti Asiatun, M. Pd.,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw pada materi pembuatan batik jumputan di kelas XI SMK Negeri 1 Gesi
Sragen. 2) mengetahui peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran batik jumputan kelas XI
SMK Negeri 1 Gesi Sragen dengan menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw berbantuan handout.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model penelitian Kemmis
dan Taggart. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana 1 di SMK N 1 Gesi
yang berjumlah 26 siswa. Obyek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe jigsaw berbantuan handout untuk meningkatkan keaktifan siswa pada materi batik jumputan.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas instrumen, materi, dan media
pembelajaran menggunakan validitas kontrak, dengan meminta pertimbangan tiga ahli (judgment
experts).Untuk mengetahui reliabilitasnya menggunakan antar rater.Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw diterapkan sesuai dengan sintak.
(2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar
siswa. Secara keseluruhan, presentase skor keaktifan belajar materi batik jumputan pada pra siklus
sebesar 30,77%. Pada siklus I keaktifan siswa pada pembelajaran batik jumputan pada siklus I
sebesar 53,84%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, keaktifan seluruh siswa pada setiap
indikator sudah mencapai 80%. Sehingga dikatakan bahwa siklus II keaktifan siswa meningkat
menjadi 100%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa pada materi batik jumputan kelas XI SMK N 1 Gesi”,
dapat diterima.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, keaktifan siwa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i2.2339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1