EFEKTIVITAS MODUL PEMBELAJARAN PADA PENCAPAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN PEMBUATAN KAIN TENUN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 KLATEN
Dr. Widihastuti,
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui: (1) Kompetensi siswa dalam
menjelaskan dan membedakan proses menenun sebelum penerapan modul, (2) Kompetensi
siswa dalam menjelaskan dan membedakan proses menenun setelah penerapan modul, (3)
Efektivitas modul pembelajaran pada pencapaian kompetensi mengetahui dan membedakan
proses menenun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuasi eksperimen,
dengan desain pretest-posttest nonequivalent groups. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) Kompetensi siswa dalam menjelaskan dan membedakan proses menenun sebelum
penerapan modul yaitu rata-rata 38,41 pada kelas kontrol dan 36,85 pada kelas eksperimen,
(2) Kompetensi siswa pada kelas eksperimen dalam menjelaskan dan membedakan proses
menenun setelah penerapan modul yaitu rata-rata sebesar 80,18, (3) Penggunaan modul
pembelajaran pengetahuan pembuatan kain tenun dinyatakan efektif, yang dibuktikan oleh
rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol (80,18 > 72,41),
dan t hitung lebih besar dari t tabel (2,324 > 2,036) serta nilai signifikansi lebih kecil dari
0,05 (p<0,05, dengan p=0,000).
Kata kunci: Efektivitas Modul, kompetensi pembuatan kain tenun
menjelaskan dan membedakan proses menenun sebelum penerapan modul, (2) Kompetensi
siswa dalam menjelaskan dan membedakan proses menenun setelah penerapan modul, (3)
Efektivitas modul pembelajaran pada pencapaian kompetensi mengetahui dan membedakan
proses menenun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuasi eksperimen,
dengan desain pretest-posttest nonequivalent groups. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) Kompetensi siswa dalam menjelaskan dan membedakan proses menenun sebelum
penerapan modul yaitu rata-rata 38,41 pada kelas kontrol dan 36,85 pada kelas eksperimen,
(2) Kompetensi siswa pada kelas eksperimen dalam menjelaskan dan membedakan proses
menenun setelah penerapan modul yaitu rata-rata sebesar 80,18, (3) Penggunaan modul
pembelajaran pengetahuan pembuatan kain tenun dinyatakan efektif, yang dibuktikan oleh
rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol (80,18 > 72,41),
dan t hitung lebih besar dari t tabel (2,324 > 2,036) serta nilai signifikansi lebih kecil dari
0,05 (p<0,05, dengan p=0,000).
Kata kunci: Efektivitas Modul, kompetensi pembuatan kain tenun
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i1.2334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1