PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGGAMBAR BUSANA PRIA

Ranitania Asatman,
Triyanto M.A.,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk :1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggambar busana pria siswa kelas XI Busana menggunakan metode drill, 2) mengetahui peningkatan kemampuan menggambar busana pria pada siswa dengan menggunakan metode Drill. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis and Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Busana sejumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes esay, penilaian unjuk kerja dan lembar observasi kegiatan siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian 1) Pelaksanaan pembelajaran menggambar busana pria dengan menggunakan metode drill dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tahapan a) pendahuluan, b) penyajian materi dengan menerapkan metode drill dengan melatih syaraf motorik siswa dalam menggambar busana pria melalui teknik menggambar busana pria dengan acuan waktu, c) penutup. 2) Peningkatan kemampuan menggambar busana pria pra siklus diketahui bahwa hanya 20 siswa yang memenuhi nilai KKM, pada siklus pertama meningkat menjadi 23 siswa, siklus kedua meningkat menjadi 36 siswa, siklus ketiga meningkat menjadi 39 siswa dan hal ini menunjukan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambar busana pria.
Kata kunci: Metode Drill, menggambar busana pria

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i2.2183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1