PENERAPAN KONSEP RINGKAS, RAPI, RESIK, RAWAT, RAJIN (5R) DI LABORATORIUM MENJAHIT MAN 1 SLEMAN

Jati Widowati, , Indonesia
Enny Zuhni Khayati, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan Konsep 5R, Konsep Ringkas, Konsep Rapi, Konsep Resik, Konsep Rawat, dan Konsep Rajin di laboratorium menjahit MAN 1 Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Populasi penelitian adalah siswa kelas X, XI, XII dan guru pengampu Mata Pelajaran Ketrampilan Tata Busana di MAN 1 Sleman dengan teknik purposive sampling diperoleh sampel yaitu siswa kelas XII. Pengumpulan data menggunakan lembar angket dengan bantuan program google form dan lembar observasi. Validitas instrumen menggunakan pendapat judgement expert. Reliabilitas dibuktikan dengan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian yaitu: (1) penerapan 5R di laboratorium menjahit MAN 1 Sleman DIY diterapkan oleh sebagian besar siswa (46,8%) pada kategori baik, (2) penerapan Konsep Ringkas diterapkan oleh sebagian besar siswa (43,8%) pada kategori baik, (3) penerapan Konsep Rapi diterapkan oleh sebagian besar siswa (46,9%) pada kategori baik, (4) penerapan Konsep Resik diterapkan oleh sebagian besar siswa (43,8%) pada kategori baik, (5) penerapan Konsep Rawat belum diterapkan oleh sebagian besar siswa (46,8%) pada kategori tidak baik, (6) penerapan Konsep Rajin belum diterapkan oleh sebagian besar siswa (53,1%) pada kategori tidak baik.

Keywords


penerapan 5R; laboratorium menjahit; MAN 1 Sleman

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2018). Manajemen Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Osada, Takashi. (2000). Sikap Kerja 5S. Diterjemahkan oleh Mariani Gandamihardja. Jakarta: CV. Teruna Grafica.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v11i3.19565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.