PENERAPAN BUDAYA RINGKAS, RAPI, RESIK, RAWAT, RAJIN (5R) 1DI LABORATORIUM MENJAHIT SMK NEGERI 1 PANDAK BANTUL

Sri Atika Suri Permatasari, , Indonesia
Enny Zuhni Khayati, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerapan budaya Ringkas,Rapi, Resik, Rawat, Rajin (5R) di laboratorium menjahit SMK Negeri 1 Pandak Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan budaya ringkas, rapi, resik, rawat, rajin (5R) di laboratorium menjahit SMK N 1 Pandak sudah dilaksanakan dengan baik. (2) Penerapan budaya ringkas memperoleh nilai sebesar 42%, sehingga penerapan budaya ringkas termasuk dalam kategori tinggi. (3) Penerapan budaya rapi memperoleh nilai sebesar 36%, sehingga penerapan budaya rapi termasuk dalam kategori tinggi. (4) Penerapan budaya resik memperoleh nilai penerapan sebesar 46%, sehingga penerapan budaya resik termasuk dalam kategori tinggi. (5) Penerapan budaya rawat memperoleh nilai sebesar 56%,sehingga penerapan budaya rawat termasuk dalam kategori sangat tinggi. (6) Penerapan budaya rajin mendapat nilai sebesar 49%, sehingga penerapan budaya rajin termasuk dalam kategori tinggi. (7) Penerapan budaya 5R yang paling tinggi terdapat pada penerapan budaya rawat.

Keywords


Budaya 5R; Laboratorium Menjahit; SMK N 1 Pandak

Full Text:

PDF

References


Ariyani,Septi.(2012). Peningkatan Minat Belajar Keselamatan, Kesehatan Kerja Dan Lingkungan Hidup (K3lh) Melalui Media Powerpoint Dengan Aplikasi Video Untuk Siswa Kelas X Di Smk Karya Rini Yhi Kowani Yogyakarta.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Astharina, V & Suliantoro, H.Analisis Penerapan 5S + Safety pada area Warehouse PT Bina Busana Group, Semarang [Versi Elektronik]. Semarang: Universitas Diponegoro.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Ernawati dkk. (2008).Tata Busana Untuk SMK Jilid 1.Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

E. Mulyasa.(2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi.Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Imai, Masaaki. (1997). Gemba Kaizen: Pendekatan Akal Sehat, Berbiaya Rendah pada Manajemen (terjemahan). Jakarta: Pustaka Binaman Presindo.

Irma.(2011).Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) di Lingkungan Rumah Tangga. Jakarta : International Labour Organization (ILO)

Ismara, K.1.(2012).Kesehatan dan Keselamatan Kerja diBidang Kelistrikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ismara, K.I. (2003). Materi Kuliah Manajemen Industri JilidII. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.

Jerusalem, M.A & Khayati, E.Z. (2010). Modul Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta: Dana DIPA BLU UNY.

Multiyaningsih,Endang.(2011).Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik.Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Radias Saleh Aisyah Jafar.(1991). Teknik Dasar Pembuatan Busana. Jakarta

Rimawan, E & Sutowo, E.(2011).Analisis Penerapan 5S + Safety pada Area Warehouse diPT Multifilling Mitra Indonesia.[Versi Elektronik].Jakarta: Universitas Mercubuana Jakarta

Salindeho T, Lydia. Pengembangan Laboratorium Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Jurusan PKK. Lampung : Universitas Negeri Lampung.

Syaief ,Adhiela Noer. (2018). Implementasi Pelaksanaan Manajemen Bengkel Berbasis 5-S Di Bengkel Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah

Laut. Jurnal Humaniora Teknologi.

Takashi, Osada. (2000). Sikap Kerja 5S. Jakarta: Penerbit PPM

Tim K3 FT UNY.(2014). Keselamatan dan Kesehatan Kerja(K3). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta: Dana DIPA BLU UNY.

Ulya,N. Rumaisha.(2019). Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)Pada Pembelajaran Pembuatan Busana Industri Siswa Kelas Xi Di SMK Negeri 1 Pandak Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yulianti,T. Ana.(2016). Analisis Perawatan Laboratorium Busana di SMK 3 Magelang.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

http://a-research.upi.edu /operator/upload/s_pkk_032832_chapter1.pdf diakses pada 28 September 2019 pukul 00.47 WIB

http://eprints.walisongo.ac.id /3899/3/093811023_Bab2.pdf diakses pada 28 September 2019 pukul 01.09 WIB

https://www.academia.edu/8299633/Teknik_Analisis_Data_Kuantatif_dan_Penarikan_Kesimpulan di akses pada 12 Februari 2020 pukul 10.04 WIB

https://tirto.id/cara-membuat-abstrak-untuk-penulisan-ilmiah-ed2N di akses pada 12 Februari 2020 pukul 12.02

https://www.renamuzdalifahepa.blogspot.com di akses pada 14 Februari 2020 pukul 15.00 WIB

https://www.rizkyghoziaulhaq.blogs.uny.ac.id di akses pada 14 Februari 2020 pukul 14.09 WIB




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v11i1.19550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.