PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PEMBUATAN ROK LIPIT HADAP PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN TATA BUSANA DI MAN 1 SLEMAN
Kapti Asiatun, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) minat belajar siswa di MAN 1 Sleman pada
kompetensi pembuatan rok lipit hadap, (2) ada tidaknya pengaruh minat belajar terhadap pencapaian hasil
belajar kompetensi pembuatan rok lipit hadap pada mata pelajaran keterampilan tata busana di MAN 1
Sleman. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 1 Sleman berjumlah 62 siswa. Sampel penelitian
ini adalah 32 siswa kelas X IPS 1 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan
menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan menggunakan judgement expert dan uji
korelasi antar item menghasilkan sebanyak 38 butir pernyataan memiliki rhitung > rtabel yaitu 0,361 sehingga
dinyatakan valid. Uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cornbrach menunjukkan ɑ sebesar 0,945
sehingga variabel memiliki reliabilitas yang sangat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)
minat belajar siswa kelas X IPS 1 pada kompetensi pembuatan rok lipit hadap termasuk dalam kategori
sedang dengan persentase 38%, (2) pencapaian hasil belajar kompetensi pembuatan rok lipit hadap siswa
kelas X IPS 1 termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 66%, (3) ada pengaruh minat belajar
yang signifikan terhadap pencapaian hasil belajar kompetensi pembuatan rok lipit hadap pada mata
pelajaran Keterampilan Tata Busana di MAN 1 Sleman, dibuktikan dengan Ry = 0,134 dan Fhitung = 4,635 >
Ftabel = 4,16.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar
Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi).
Jakarta: Bumi Aksara.
Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan.
Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Statistika Untuk
Penelitian. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v11i1.19542
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.