FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X SMKN 1 NGAWEN
Sugiyem Sugiyem, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital siswa kelas X SMKN 1 Ngawen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2020 di SMKN 1 Ngawen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan empat pilihan jawaban. Validitas isi instrumen yaitu dengan judgment expert (pertimbangan para ahli). Validitas konstruk instrumen dengan melakukan uji coba terhadap 38 siswa sebagai responden. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan SPSS menggunakan rumus alpha cronbarch. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deksriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari (1) faktor internal, faktor jasmaniah menyebabkan kesulitan belajar dalam kategori sangat rendah dengan mean 1,74, dan faktor psikologis menyebabkan kesulitan belajar dengan kategori tinggi dengan mean 33,21. (2) Apabila ditinjau dari faktor eksternal, faktor keluarga menyebabkan kesulitan dengan kategori tinggi dengan mean 13,26. Faktor sekolah menyebabkan kesulitan belajar dalam kategori tinggi dengan mean 39,13. Faktor masyarakat menyebabkan kesulitan belajar dalam kategori tinggi dengan mean 11,36.
Kata kunci : kesulitan belajar, simulasi dan komunikasi digital
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudijono. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Balai Pustaka
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press
Farida Aryani. (2017). Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pembuatan Pola Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Penelitian E-Prints UNY
Indra Rispriyanto. (2015). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran PSKO di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Penelitian E- Prints UNY
Koestoer Partowisastro. (2010). Dalam Mulyadi. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Malang : Nuha Litera
Muhammad Cholikin. (2016). Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Teknik Sepeda Motor di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Penelitian. E-Prints UNY
Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Malang : Nuha Litera
Reid. (2014). Dalam Martini Jamaris. Kesulitan Belajar. Jakarta : Ghalia Indonesia
Santrock dan Yussen. (2013). Dalam Sugihartono,dkk. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sugihartono dkk. (2013). Psikologi Pendidikan
Yogyakarta : UNY Press
Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian.
Bandung : Alfabeta
Sukaswanto. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statika dan Kekuatan Material. JPTK (Nomor 4 tahun 2013). Hlm. 317.
Tim SEAMOLEC. (2013). Buku Siswa SMK/MAK Kelas X Mata Pelajaran Simulasi Digital. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Yani Dwi Ningsih. (2012). Hambatan- hambatan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Membuat Pola (Pattern Making) dengan Teknik Konstruksi di SMK Negeri 1 IV Angkek Kab. Agam. Penelitian. E-Journal UNP
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i4.18185
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi