FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X SMKN 1 NGAWEN

Umi Khoiriyah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sugiyem Sugiyem, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital siswa kelas X SMKN 1 Ngawen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2020 di SMKN 1 Ngawen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan empat pilihan jawaban. Validitas isi instrumen yaitu dengan judgment expert (pertimbangan para ahli). Validitas konstruk instrumen dengan melakukan uji coba terhadap 38 siswa sebagai responden. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan SPSS menggunakan rumus alpha cronbarch. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deksriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari (1) faktor internal, faktor jasmaniah menyebabkan kesulitan belajar dalam kategori sangat rendah dengan mean 1,74, dan faktor psikologis menyebabkan kesulitan belajar dengan kategori tinggi dengan mean 33,21. (2) Apabila ditinjau dari faktor eksternal, faktor keluarga menyebabkan kesulitan dengan kategori tinggi dengan mean 13,26. Faktor sekolah menyebabkan kesulitan belajar dalam kategori tinggi dengan mean 39,13. Faktor masyarakat menyebabkan kesulitan belajar dalam kategori tinggi dengan mean 11,36.
Kata kunci : kesulitan belajar, simulasi dan komunikasi digital


Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Balai Pustaka

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press

Farida Aryani. (2017). Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pembuatan Pola Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Penelitian E-Prints UNY

Indra Rispriyanto. (2015). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran PSKO di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Penelitian E- Prints UNY

Koestoer Partowisastro. (2010). Dalam Mulyadi. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Malang : Nuha Litera

Muhammad Cholikin. (2016). Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Teknik Sepeda Motor di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Penelitian. E-Prints UNY

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Malang : Nuha Litera

Reid. (2014). Dalam Martini Jamaris. Kesulitan Belajar. Jakarta : Ghalia Indonesia

Santrock dan Yussen. (2013). Dalam Sugihartono,dkk. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sugihartono dkk. (2013). Psikologi Pendidikan

Yogyakarta : UNY Press

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian.

Bandung : Alfabeta

Sukaswanto. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statika dan Kekuatan Material. JPTK (Nomor 4 tahun 2013). Hlm. 317.

Tim SEAMOLEC. (2013). Buku Siswa SMK/MAK Kelas X Mata Pelajaran Simulasi Digital. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Yani Dwi Ningsih. (2012). Hambatan- hambatan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Membuat Pola (Pattern Making) dengan Teknik Konstruksi di SMK Negeri 1 IV Angkek Kab. Agam. Penelitian. E-Journal UNP




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i4.18185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi