PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DASAR DESAIN PADA MATERI BAGIAN DAN BENTUK BUSANA MELALUI APLIKASI BERBASIS ANDROID DI SMK N 3 PURWOREJO

Tri Anisa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Triyanto Triyanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui hasil kelayakan media pembelajaran dasar desain pada materi bagian dan bentuk busana melalui aplikasi berbasis android di SMK N 3 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 3 Purworejo. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis diskriptif kuantitatif menggunakan statistik diskriptif. Hasil kelayakan media pembelajaran berbasis android oleh ahli meteri mendapatkan skor 14 dengan kategori layak, ahli media mendapatkan skor 15,67 dengan kategori layak, uji coba skala kecil 93,87 dengan kategori layak, dan uji coba skala besar 101,18 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media pembelajaran dasar desain pada materi bagian dan bentuk busana melalui aplikasi berbasis android di SMK N 3 Purworejo dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: media pembelajaran, dasar desain, bagian dan bentuk busana, android


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hendryadi (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuisioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 2 No.2.

Jakarta: Universitas Islam Attahiriyah.

Nurhayati, H. (2021). Smartphone Penetration as Share of Population in Indonesia 2015- 2025. Diambil pada tanggal 8 April 2021 dari https://www.statista.com/statistics/321485/ smartphone-user-penetration-in-indonesia/

Saifuddin, A. (2020). Penyusunan Skala Psikologi. Jakarta: Kencana

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widihastuti. (2007). Efektifitas Pelaksanaan KBK SMK N Program Keahlian Busana di Yogyakarta Ditinjau dari Pencapaian Kompetensi Siswa. Tesis: PPs Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i4.18184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi