PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN POLA MELALUI PENDEKATAN PROSES KELOMPOK (GROUP PROCESS APPROACH) SISWA KELAS XI BUSANA DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA

Ratna Karina Rimba, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Enny Zuhni Khayati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian tentang peningkatan hasil belajar pembuatan pola melalui pendekatan proses kelompok (group process approach ) siswa kelas XI Busana Di SMK Negeri 4 Surakarta bertujuan untuk 1) Melaksanakan pembelajaran pembuatan pola dengan pendekatan proses kelompok (group process approach) siswa kelas XI Busana Di SMK Negeri 4 Surakarta. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 4 Surakarta dalam pembelajaran pembuatan pola dengan pendekatan proses kelompok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini siswa kelas XI Busana di SMK Negeri 4 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian: 1) Pelaksanaan Pendekatan proses kelompok pada pembelajaran pembuatan pola ini terdiri dari 6 langkah (sintak) yaitu a) penjelasan tujuan pembelajaran pendekatan proses kelompok, b)pembagian kelompok, c)pembagian tugas, d)memberi instruksi pengerjaan tugas, e)pengerjaan tugas dan f)pengumpulan tugas. 2) Peningkatan hasil nilai siswa pada pembelajaran pembuatan pola memperoleh presentase pada siklus I sebesar 77% atau 24 siswa mencapai nilai KKM. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat dengan presentase 96 % atau 30 siswa mencapai nilai KKM. Kesimpulannya pendekatan proses kelompok dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran pembuatan pola celana panjang siswa kelas XI Busana 4 di SMK Negeri 4 Surakarta.
Kata Kunci: peningkatan hasil belajar pembuatan pola, pendekatan proses kelompok


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : PT. Refika Aditama

Arikunto, suharsimi dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Bumi Askara.

Hackman and Kaplan. (1947). Interventions Into Group Process: An Approach To Improving The Effectiveness Of Group. Jurnal Penelitian. Hlm 466-468.

Hamali, Oemar. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Rusman. (2014). Model - Model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. (2001). Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta. Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i4.18183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi