HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENYELESAIAN TEPI PAKAIAN PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 3 PURWOREJO

Nuning Pangestuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Emy Budiastuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemandirian belajar penyelesaian tepi pakaian pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Purworejo, (2) mengetahui hasil belajar penyelesaian tepi pakaian pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Purworejo, dan (3) membuktikkan adanya hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar penyelesaian tepi pakaian pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemandirian belajar siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Purworejo sebanyak 69% termasuk pada kategori sangat tinggi, (2) hasil belajar siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Purworejo telah mencapai KKM dan dinyatakan kompeten, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar penyelesaian tepi pakaian pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Purworejo dengan r hitung (0,525) > r tabel (0,195) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Kata kunci: kemandirian belajar, hasil belajar, penyelesaian tepi pakaian


Full Text:

PDF

References


Darise, G.N. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Sebagai Solusi Alternatif Pendidikan di Indonesia dalam Menghadapi

Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Iqra’,

(2), 41 – 53.

Husamah, dkk. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.

Kemendikbud RI. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

.(2017). Peta Jalan : Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta.

Mudjiman, H. (2007). Belajar Mandiri (Self Motivated Learning). Surakarta: UNS Press dan LPP UNS.

Pratiwi, S.N., C. Cari, & N.S. Aminah. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9 (1), 34 – 42.

Simanullang, B. (2017). Mengembangkan Kemandirian Belajar, Kepercayaan Diri, dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Widya Eksakta, 1 (1), Desember, 62

– 69.

Suparman. (2014). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Elektronika Analog dengan Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22 (1), 83 – 88.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i4.18182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi