PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA DI SMK NEGERI 3 METRO
Triyanto Triyanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Mengembangkan media pembelajaran adobe flash berbasis android mata pelajaran desain busana; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran adobe flash berbasis android mata pelajaran desain busana di SMK Negeri 3 Metro. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) milik Tim Puslitjaknov. Teknik pengumpulan data dengan angket. Uji validitas instrumen dibuktikan dengan penilaian expert; dan uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cornbarch dengan bantuan program SPSS 23 for windows menunjukkan nilai sangat kuat yakni sebesar 0,991. Uji skala kecil dilakukan oleh 10 peserta didik dan uji skala besar dilakukan oleh 33 peserta didik. Hasil penelitian ini adalah (1) Produk berupa media pembelajaran adobe flash berbasis android yang dapat di-instal pada smartphone pengguna dengan spesifikasi rendah, karena kapasitas atau ukuran file dari media pembelajaran tersebut hanya sebesar 55,9 MB; (2) Hasil uji kelayakan ahli materi dan ahli media dinyatakan layak. Uji skala kecil menyatakan sangat layak dengan rata – rata 170 dan presentase sebesar 83,3%. Dan uji skala besar menyatakan layak dengan rata – rata 162,97 dan presentase sebesar 79,89%.
Kata Kunci: aplikasi, media pembelajaran, adobe flash
Full Text:
PDFReferences
Azhar Arsyad. 2002. Media Pembelajaran.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Madcoms. 2012. Kupas Tuntas Adobe Flash
Profesional Cs6. Yogyakarta-Madiun: CV Andi Offset
Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan
Departemen Pendidikan Nasional Sugiyono. 2012 . Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i4.18181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi