DAMPAK SETELAH MENGIKUTI TEACHING FACTORY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK N 4 YOGYAKARTA

Nadiya Ummu Nashibah, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, Indonesia
Sri Emy Yuli Suprihatin, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) dampak kesiapan kerja setelah mengikuti TEFA siswa kelas XII program keahlian tata busana SMK N 4 Yogyakarta; 2) dampak kesiapan kerja setelah mengikuti TEFA siswa kelas XII program keahlian tata busana SMK N 4 Yogyakarta ditinjau aspek penguasaan pengetahuan; 3) dampak kesiapan kerja setelah mengikuti TEFA siswa kelas XII program keahlian tata busana SMK N 4 Yogyakarta ditinjau aspek penguasaan praktik; 4) dampak kesiapan kerja setelah mengikuti TEFA siswa kelas XII program keahlian tata busana SMK N 4 Yogyakarta ditinjau aspek kematangan sikap dan nilai. Penelitian survei dilakukan dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta pada 28 Desember 2020. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dampak kesiapan kerja setelah mengikuti TEFA siswa kelas XII program keahlian tata busana SMK N 4 Yogyakarta pada kategori sangat tinggi, dengan nilai mean 258,8 dan persentase 99%; 2) ditinjau dari aspek penguasaan pengetahuan pada kategori sangat tinggi, mean 91,7 dan persentase 99%; 3) ditinjau dari aspek penguasaan praktik pada kategori sangat tinggi, nilai mean 139,64 dan persentase 89%; dan 4) ditinjau dari aspek kematangan sikap dan nilai pada kategori sangat tinggi dengan mean 27,7 dan persentase 100%.
Kata kunci : TEFA, Kesiapan Kerja, Program Keahlian Tata Busana

 


This study aims to investigate: 1) the effects of joining TEFA (Teaching Factory) program on students’ work readiness, 2) the effects of joining TEFA program on students’ work readiness viewed from the knowledge mastery aspect, 3) the effects of joining TEFA program on students’ work readiness viewed from the practical mastery aspect, and 4) the effects of joining TEFA program on students’ work readiness viewed from the attitude and value aspects. This survey research was conducted at State Vocational High School SMK N 4 Yogyakarta on December 28, 2020. The descriptive statistic was used to analyze the data based on percentages. The results of this study show that 1) the impact of joining the TEFA program on students' work readiness is in the Very High category with a mean value of 258.8 and percentage of 99%,
2) viewed from the aspect of knowledge mastery, the impact of TEFA program on the students’ work readiness is in the Very High category with a mean value of 91.7 and percentage of 99%, 3) viewed from the aspect of practical mastery, the impact of TEFA program on the students’ work readiness is in the Very High category with a mean value of 139.64 and percentage of 89%, and 4) viewed from the attitude and value aspects, the impact of TEFA program on the students' work readiness is in the Very High category with a mean value of 27.7 and percentage of 100%.
Keywords: TEFA, work readiness, fashion design program


Full Text:

PDF

References


Fitrihana, N. (2017). Model Bisnis Kanvas Untuk Mengembangkan Teaching Factory Di SMK Tata Busana Guna Mendukung Tumbuhnya Industri Kreatif. Jurnal Taman Vokasi Volume 5, No 2, Desember 2017 ( Online): http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/t amanvokasi.

Fitrihana, N. (2018). Rancangan Pembelajaran Teaching Factory di SMK Tata Busana. Hej (Home Economics Journal). Vol 2, No. 2.

October 2018, 56-64 Issn 2579 – 4272

(Printed), Issn 2579 – 4280 (Online)

Maikaningrum. (2016). Pengaruh Minat Kerja dan Paraktik Kerja Industri Tarhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantu. Penelitian Pendidikan Ekonomi. Yogyakarta : FE UNY.

Mardapi D. 2008. Teknik Penyusunan Tes dan Non Tes. Yogyakarta : Mitra Cendekia Press.

Sugihartono. (2000). Aspirasi Siswa terhadap Pekerjaan dan Prestasi Akademik

Kaitannya dengan Kesiapan memasuki Kerja pada siswa Sekolah Kejuruan di DIY. Laporan Penelitian. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta.

Siswandi, G. dan Sukoco. 2015. Pengembangan Model Teaching Factory Di Bengkel Otomotif SMK Karsa Mulya Palangka Raya. JPTK, Vol.22, No.4, 2015, (Oktober).

Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian.Bandung : Alfabeta. Edisi kedua.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i3.18126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi