PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MODEL SIMULASI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI MENGGAMBAR BUSANA PEST

Aulia Tri Sakti, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, Indonesia
Sri Widarwati, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Melaksanakan pembelajaran berbasis komputer model simulasi pada kompetensi menggambar busana pesta. 2) Meningkatkan kompetensi belajar menggambar busana pesta menggunakan pembelajaran berbasis komputer model simulasi. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan McTaggart dengan prosedur; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian sejumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dan tes unjuk kerja. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan layak. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil 0.780 interpretasi kuat. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus dengan langkah kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Peningkatan kompetensi menggambar busana pesta pada tahap pra siklus 7 siswa dinyatakan kompeten. Pada siklus I meningkat 24 siswa dan pada siklus II menjadi 32 siswa. Hal ini membuktikan pembelajaran berbasis komputer model simulasi dapat meningkatkan kompetensi menggambar busana pesta siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sewon.


Kata Kunci: Pembelajaran berbasis komputer model simulasi, menggambar busana pesta

 

This study aims to: 1) Implementation of drawing party dress learning through to simulation model computer based learning. 2) Increasing competence of drawing party dress by applying simulation model computer based learning. This was a Classroom Action Research (CAR) study developed by Kemmis and McTaggart with stage of planning, action, observation, and reflection. The research subjects who were 32 students. Methods of data collection using observation sheet, essay tests, and performance tests. The validity was assessed in terms of the content validity stated that the instruments were appropriate to be used in the study. The reliability was assessed by Cronbach’s Alpha formula yielding a coefficient of 0.780 indicating high reliability. The data were analyzed using descriptive analysis techniques. The learning was carried out in two cycles with the stages of preliminary activities, main activities, and closing activities. The raising of competency in party dress drawing in the pre-cycle stage was 7 students declared competent. In cycle I it improved to 24 students and in cycle II it improved to 32 students. These showed that the application of simulation model computer based learning can improve the attainment of the competency in the learning of party dress design drawing of Grade XI students of SMK Negeri 2 Sewon.


Keywords: Computer based learning simulation models, party dress design


Full Text:

PDF

References


Al-Maqassary, A. (2013). Pengaruh Media Simulasi interaktif Yenka berbasis Komputer terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Materi Alat-alat Optik Peserta Didik SMP Negeri 1 Klaten Kelas VII Semester 2. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kasbolah. (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Depdiknas.

Pardjono, dkk. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Yogyakarta.

Pribadi, B. A, & Rosita, Tita. (2000) Prospek Komputer sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia. 8(2), 11.

Rumatiga, M. H. (2011). Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Model Simulasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: Studi Penelitian dan Pengembangan pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Jenjang SMP/MTs Negeri di Kota Ambon. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.

Rusman, M.Pd., & Cepi, R. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Cetakan ke 12. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Widarwati, S., Budiastuti, E., & Karomah, P. (2014). Implementasi Alat Evaluasi Menggambar Busana di SMK Swasta Kelompok Pariwisata Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 208-214.

Widihastuti, W. (2007). Pencapaian Standar Kompetensi Siswa SMK Negeri Program Keahlian Tata Busana di Kota Yogyakarta dalam Pembelajaran Dengan KBK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(2), 229-251.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i3.18123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi