HUBUNGAN ANTARA MINAT DENGAN KREATIVITAS SISWA PADA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMA NEGERI 1 GEMOLONG RELATIONSHIP BETWEEN INTEREST WITH STUDENT’S CREATIVITY IN CRAFT AND ENTREPRENEURSHIP STUDY CLASS X SMA NEGERI 1 GEMOLONG

Artyan Nadya Hapsari, , Indonesia
Triyanto Triyanto, M.A, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran minat siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, (2) gambaran kreativitas siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, (3) hubungan minat dan kreativitas siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gemolong. Sampel diambil sebanyak 60 siswa dari 2 kelas. Teknik sampling menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat siswa kelas X pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan SMA Negeri 1 Gemolong termasuk dalam minat yang sedang dengan presentase 45%, sebanyak 27 siswa dari 60 siswa. (2) Kreativitas siswa kelas X pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan SMA Negeri 1 Gemolong termasuk dalam kreativitas yang sedang dengan presentase 48,33%, sebanyak 29 siswa dari 60 siswa. (3) Hubungan minat dan kreativitas siswa pada pelajaran prakarya dan kewirausahaan pada siswa kelas X SMAN 1 Gemolong adanya hubungan positif yang signifikan ditunjukkan pada taraf signifikansi 5% (p < 0,05).
Kata kunci: minat, kreativitas, prakarya dan kewirausahaan

The purpose of this research is to find out: (1) description of student’s interest in craft and entrepreneurship subject, (2) description of student’s creativity in craft and entrepreneurship subject, (3) relationship between interest and creativity in craft and entrepreneurship subject.
This research use descriptive research method with a relational approach. The population taken are all class X students of SMA Negeri 1 Gemolong, and 60 students from two classes were sampled. The sampling method used proportional random sampling. Data collected with a questionnaire. Then, data analyzed using descriptive and correlation analysis.
Research result shows that: (1) Interest of class X students of SMA Negeri 1 Gemolong in craft and entrepreneurship subject is classified in medium category with percentage of 45%, 27 of 60 students. (2) The creativity of class X students of SMA Negeri 1 Gemolong in craft and entrepreneurship subject is classified in a medium category with a percentage of 48,33%, 29 of 60 students. (3) Correlation of interest and creativity in craft and entrepreneurship subject for class X students of SMA Negeri 1 Gemolong show a significant positive correlation of 5% significant level (p<0,05).
Keywords: interest, creativity, craft and entrepreneurship

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara.

________________. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Bina Aksara.

Apriniarti, M. S., E. Yunidarvi., dan Sukaryana. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPA di SMPN 14 kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah. Vol.2 No. 3.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2004. Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum Kementrian Pendidikan Nasional.

Kasali, Rhenald. 2010. Modul Kewirausahaan. Jakarta: Mizan Media Utama.

Kemendikbud. 2013. Prakarya: Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kerlinger, Fred N. 1993. “Foundation of Behavior Research”. Third Edition (terjemahan oleh L.R Simatupang), Yogyakarta, Gajah Mada University.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kencana.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Offeset.

Mulyasa, Encang. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu. 2010. Kewirausahaan: Pendekatan Kharakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kencana.

Taslim, Judfi. 2013. Hubungan Antara Minat Dan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Tim Tugas Akhir Skripsi FT UNY. Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i2.17243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1