PERBEDAAN HASIL FITTING KEBAYA MENGGUNAKAN POLA SISTEM MEYNEKE DAN DANCKAERTS THE DIFFERENCES OF KEBAYA FITTING RESULTS USED MEYNEKE AND DANCKAERTS SYSTEM PATTERN
Sugiyem Sugiyem M.Pd, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) hasil fitting kebaya kutubaru berbahan lace dan lurik
menggunakan pola sistem Meyneke dan Danckaerts, (2) ada tidaknya perbedaan hasil fitting kebaya
kutubaru baik berbahan lace maupun lurik menggunakan pola sistem Meyneke dan Danckaerts. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian faktorial dua
faktor. Instrumen berupa lembar observasi untuk menilai hasil fitting. Uji validitas instrumen dengan
validitas isi yaitu penilaian 2 orang judgement expert dan uji reliabiitas dengan penghitungan Cronbach’s
Alpha. Data di analisis menggunakan analisis deskriptif dan t test 2 sampel independen. Hasil penelitian
ini adalah: (1) hasil fitting kebaya kutubaru berbahan lace menggunakan pola sistem Meyneke dan
Danckaerts masuk dalam kategori sangat tinggi dengan total rerata skor 131.67 dan 132; (2) hasil fitting
kebaya kutubaru berbahan lurik menggunakan pola sistem Meyneke dan Danckaerts masuk dalam
kategori sangat tinggi dengan total rerata skor 135.5 dan 128.33; (3) tidak ada perbedaan hasil fitting
kebaya kutubaru menggunakan pola sistem Meyneke dan Danckaerts dengan thitung= 1.142 dan df= 22.
Kata kunci: perbedaan, fitting kebaya, Meyneke dan Danckaerts
Purposes of this study were to find out: (1) results of lace and lurik kebaya kutubaru fitting used
Meyneke and Danckaerts system patterns, (2) differences between the results of lace and lurik kebaya
kutubaru fitting used Meyneke and Danckaerts system patterns, This was quantitative research with
experiment methode that used 2 factor factorial design. This study used observation sheets to judge the
results. Validity test of the instrument was assesed by judgement expert and realibility test used
Cronbach’s Alpha counting. Data were being analyzed using descriptive analisis and t test independent
sample. The outcomes of this study were: (1) results of lace kebaya kutubaru fitting used Meyneke and
Danckaerts system patterns were in really high category, with mean score total were 131.67 and 132;(2)
results of lurik kebaya kutubaru fitting used Meyneke and Danckaerts system patters were in really high
category, with mean score total were 135.5 and 128.33; (3) there were no differences between the results
of lace and lurik kebaya kutubaru fitting used Meyneke and Danckaerts system patterns with tcount=1.142
and df=22.
Key words: difference, kebaya fitting, Meyneke and Danckaerts
Full Text:
PDFReferences
Ernawati, et.al. (2008). Tata Busana untuk
SMK Jilid 1. Jakarta: Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jenderal Manajemen
Pendidikan Dasar dan Menengah,
Departemen Pendidikan Nasional
Ernawati et.al. (2008). Tata Busana untuk
SMK Jilid 2. Jakarta: Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jenderal Manajemen
Pendidikan Dasar dan Menengah,
Departemen Pendidikan Nasional
Ernawati et.al. (2008). Tata Busana untuk
SMK Jilid 3. Jakarta: Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jenderal Manajemen
Pendidikan Dasar dan Menengah,
Departemen Pendidikan Nasional
Husna Widyani. (2015). Pelajaran Menjahit
Busana Wanita, dan Anak . Yogyakarta:
PT. Pustaka Baru
M.H. Wancik. (1993). Bina Busana 1
Pelajaran Menjahit Pakaian Wanita.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Mila Amalia. (2012). Seri Pintar Menjahit
Panduan Lengkap Menjahit & Membuat
Pola Busana.
Poorie Muliawan. (1990). Konstruksi Pola
Busana Wanita. Jakarta Pusat: PT BPK
Gunung Mulia
P.O. Kristi & N.P. Utami. (2016). Panduan
Lengkap Membuat Pola dan Menjahit
Busana. Yogyakarta: Trans Idea
Ria Pentasari. (2007). Chic in Kebaya.
Yogyakarta: Penerbit Erlangga
Soekarno. (2005). Buku Penuntun Membuat
Pola Busana Tingkat Dasar. Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i2.17241
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1