PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BUSANA PADA SISWI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SLEMAN TAKING A DECISION PURCHASE FASHION TO ELEVENTH GRADE FEMALE STUDENTS IN SLEMAN 1ST SENIOR HIGH SCHOOL
Dr. Sri Wening, M.Pd., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan pengambilan keputusan pembelian busana pada
siswi kelas XI di SMA Negeri 1 Sleman, 2) penerapan pengambilan keputusan pembelian busana berdasarkan
aspek pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan membeli dan perilaku pasca
pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah
Siswi kelas XI di SMA Negeri 1 Sleman sebanyak 163 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 110 orang
ditentukan dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael. Selanjutnya sampel tiap kelas ditentukan dengan teknik
proprtional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket pengambilan keputusan
pembelian busana. Analisis data deskripsi dilakukan dengan analisis deskriptif menggunakan SPSS versi 16.00 for
windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan pengambilan keputusan pembelian busana secara
keseluruhan pada Siswi kelas XI di SMA Negeri 1 Sleman termasuk dalam kategori baik dengan hasil penelitian
menunjukkan sebagian besar Siswi memiliki skor antara 75 ≤ X < 97.5 sebanyak 54 (49.1%), kemudian berada
pada kategori sangat baik sebanyak 9 siswi (8.2%), berada pada kategori kurang baik sebanyak 40 siswi (36.4%),
dan ada yang berada pada kategori tidak baik sebanyak 7 siswi (6.4%), 2) pengambilan keputusan pembelian
busana pada Siswi kelas XI di SMA Negeri 1 Sleman ditinjau dari aspek pengenalan kebutuhan dengan rerata
sebesar 14.29 berada dalam kategori kurang baik, ditinjau dari aspek pencarian informasi dengan rerata sebesar
14.69 berada dalam kategori kurang baik, ditinjau dari aspek evaluasi alternatif dengan rerata sebesar 15.43 berada
dalam kategori baik, ditinjau dari aspek keputusan membeli dengan rerata sebesar 16.16 berada dalam kategori
baik, dan ditinjau dari aspek perilaku pasca pembelian dengan rerata sebesar 16.08 berada dalam kategori baik.
Kata kunci: pengambilan keputusan pembelian busana, siswi SMA kelas XI.
This study aims to determine: 1) the application of clothing purchasing decision making to class XI
students in SMA Negeri 1 Sleman, 2) the application of clothing purchase decision making based on the
aspects of need recognition, information seeking, alternative evaluation, buying decisions and postpurchase
behavior. This is a descriptive study with descriptive statistic data analysis techniques
employing SPSS 16.00 for windows. Amounting to 110 students of XI grade acted as data source. Than
taking data source on every class by proportional random sampling. The results showed that: 1) the
adoption on the whole of clothing purchasing decision making of XI students at SMA Negeri 1 Sleman
included in the good category, the results showed that most students had scores between 75 ≤ X <97.5
amounting to 54 (49.1%), then were at very good category as many as 9 students (8.2%), were in the
unfavorable category as many as 40 students (36.4%), and there were as 7 students (6.4%) in the bad
category. 2) clothing purchasing decision making of XI students at SMA Negeri 1 Sleman based on the
need recognition revealed an average of 14.29 which was in the unfavorable category, in terms of the
information search with an average of 14.69 was in the poor category, in terms of alternative evaluation
with an average of 15.43 was in the good category, in terms of the buying decision with an average of
16.16 was in the good category, and in terms of the post-purchase behavior with an average of 16.08
was in the good category.
Keywords: clothing purchase decision making, class XI high school students.
Full Text:
PDFReferences
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan
(Kelima ed.). Bandung, Jawa Barat,
Indonesia: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Dwiastuti, Rini, dkk. (2012). Ilmu Perilaku
Konsumen (Cetakan Pertama). Malang:
Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Engel, James F., Roger. D. Black Well and Paul.
W. Miniard. (1995). Perilaku Konsumen.
Jakarta: Binarupa Aksara.
Ernawati, I. W. (2008). Tata Busana Jilid 1.
Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah
Menengah Kejuruan.
Kerikelas, James. (1983). Information Seeking
Behavior: Pattern and Concepts. Derexel
Library Quarterly, 19 (2)
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008).
Prinsip-prinsip Pemasaran (Keduabelas
ed.). (A. Maulana, D. Barnadi, W. Hardani,
Eds., & B. Sabran, Trans.) Jakarta, DKI
Jakarta, Indonesia: Penerbit Erlangga.
Lin, C., & Huang, W. (2008). Factors
Influencing Online and Post-purchase
Behavior and Construction of Relevant
Models. Journal of International Consumer
Marketing. Vol. 20 (hal. 3-4).
Nasiry, J., and Popescu, I. (2009). The Price of
Consumer Regret. Social Science Research
Network, 42.
NS. Kasiati, Ni Wayan Rosmalawati. (2016).
Kebutuhan Dasar Manusia I. Jakarta:
Kementrian Kesehatan Republik
Indonesia.
Pusat Pengkajian dan Pengambangan Ekonomi
Islam (P3EI). (2011). Ekonomi Islam.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sari, Rini Puspita. (2001). Kepuasan Konsumen
Terhadap Produk Batik di Perusahaan
Kerajinan Batik APIP’S Yogyakarta.
Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.
Sudaryati, Sri, dkk. (2005). Pendidikan
Konsumen
(http://staffnew.uny.ac.id/upload/13128234
/pendidikan/Diktat+Pendidikan+Konsume
n.pdf). Yogyakarta: Fakultas Teknik
Universitas Negeri Yogyakarta.
Widihastuti. (2007). Pencapaian Standar
Kompetensi Siswi Smk Negeri Program
Keahlian Tata Busana Di Kota
Yogyakarta Dalam Pembelajaran Dengan
Kbk, tersedia: https://journal.uny.ac.id
(JPTK, Vol. 16, No.2, Oktober 2007).
Wika Rinawati. (2008). Kepuasan Konsumen
Terhadap Produk dan Layanan Makanan
Restoran “Student Corner” Jurusan
Pendidikan Teknik Boga dan Busana
(PTBB) Fakultas Teknik UNY. Tersedia:
https://journal.uny.ac.id: (JPTK. Vol.17,
No.1, Mei 2008).
Wagiran. (2013). Metodelogi Penelitian: Teori
dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit
Deepublish.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v9i2.17219
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1