PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK SULAMAN MANIK MANIK UNTUK SISWA KELAS XI TATA BUSANA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL DEVELOPING MODULE OF BEAD EMBROIDERY TECHNIQUES FOR GRADE XI STUDENTS FASHION OF SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Baiq Desy Dwi Anggraini, , Indonesia
Dra. Enny Zuhni Khayati, M.Kes, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan : 1) menghasilkan produk modul sebagai media pembelajaran teknik sulaman manik manik 2) mengetahui kelayakan modul teknik sulaman manik manik. Jenis penelitian ini berupa penelitian dan pengembangan (Research and Development) model pengembangan Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh Puslitjaknovmelalui 5 tahapan 1) Analisis kebutuhan produk, 2) Mengembangkan produk awal, 3) Validasi ahli dan revisi, 4) Uji lapangan skala kecil dan revisi produk, 5) Uji lapangan skala besar dan produk akhir.Tempat dan waktu penelitian bulan July-September di SMKMuhammadiyah 1 Tempel. Subjek penelitian siswa kelas XI Tata Busana.Uji skala kecil 6 siswa, skala besar 13 siswa. Metode pengumpulan data observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data deskriptif.Penelitian ini menghasilkan : 1) modul pembelajaran teknik sulaman manik-manik untuk siswa kelas XI Tata Busana di SMK Muhammadiyah 1 Tempel, 2) modul pembelajaran teknik sulaman manik-manik dinyatakan “layak” dari ahli materi 96% dan ahli media “layak” 100%. Berdasarkan ujicoba kelompok keciltermasuk kategori sangat layak presentase 86%. Selanjutnya ujicoba kelompok besarmendapatkan kategori sangat layak presentase 93%.
Kata kunci : pengembangan, modul teknik sulaman manik-manik, SMK Muhammadiyah 1 Tempel

This study aims: 1) to produce module products as learning media for embroidery of beads beads 2) to determine the feasibility of beads embroidery technique modules. This type of research is in the form of research and development (Research and Development) development model of Borg and Gall which has been simplified by Puslitjaknov through 5 stages 1) Analysis of product needs, 2) Developing initial products, 3) Expert validation and revision, 4) Small-scale field testing and product revisions, 5) Large-scale field trials and final products. Place and time of July-September study at SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Research subjects class XI Clothing Design. Small scale test of 6 students, large scale of 13 students. Methods of collecting observation, interview and questionnaire data. Descriptive data analysis techniques. This research resulted in: 1) bead embroidery technique learning module for students of class XI Dressmaking at SMK Muhammadiyah 1 Tempel, 2) bead embroidery technique learning module was declared "feasible" from material experts 96% and media experts were "worthy" 100 %. Based on small group trials including the very feasible category 86%. Furthermore, large group trials get a very decent category of 93%.
Keywords : development, bead embroidery engineering module, SMK Muhammadiyah 1 Tempel


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A (2016). Media Pembelajaran.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Buckley, C. (2008). Sulam untuk Pemula. Indonesia : PT. Indeks Emzir (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok : PT. Raja Grafindo Persada. Ernawati, dkk (2008). Tata Busana Jilid III. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Gofar, M.Y (2006). Aksesoris Manik. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Indira, I.D, Ridah, N. (2012). Sulam Manik Glamor Melayu Jilid 3: Teknik Menganyam Bunga dan Daun Peyote. Bekasi: Gramata Publishing Maya, Coly (2007) Kreasi Sulam Payet Untuk Pemula. Tangerang : Kawan Pustaka. Mulyasa,E. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset Nieza (2006). Sulaman Payet & Manik pada Pernik Cantik.Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta. Widihastuti (2007). Pencapaian Standar Kompetensi Siswa SMK Negi Program Keahlian Tata Busana Di Kota Yogyakarta Dalam Pembelajaran Dengan KBK. JPTK : Hlm 231

Widoyoko, E. P. (2011). Evaluasi Progam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v9i2.17218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1