HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS LIMBAH BUSANA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK N 1 PANDAK THE RELATIONSHIP BETWEEN THE LEARNING DISCIPLINE AND THE LEARNING OUTCOMES OF ANALYZING CLOTHING WASTE AMONG GRADE X STUDENTS OF FASHION DESIGN OF SMK NEGERI 1 PANDAK BANTUL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) disiplin belajar menganalisis limbah busana siswa Kelas X Tata Busana SMK N 1 Pandak. (2) hasil belajar menganalisis limbah busana siswa Kelas X Tata Busana SMK N 1 Pandak. (3) hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar menganalisis limbah busana siswa Kelas X Tata Busana SMK N 1 Pandak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto dan metode penelitian korelasi. Teknik penentuan jumlah sampel penelitian menggunakan Tabel Isaac dan Michael. Teknik sampling menggunakan metode simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner model Skala Likert dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan validitas konstrak. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan koefisien Alpha Cronbanch dan teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) disiplin belajar menganalisis limbah busana siswa Kelas X Tata Busana SMK N 1 Pandak 72,5% dalam kategori rendah. (2) hasil belajar menganalisis limbah busana siswa Kelas X Tata Busana SMK N 1 Pandak 70,6% dalam kategori tidak kompeten. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada materi menganalisis limbah busana siswa Kelas X Tata Busana SMK N 1 Pandak. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,305 > 0,271) dan nilai signifikansi sebesar 0,030 yang berarti kurang dari 0,05 (0,030 < 0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Limbah Busana
The purpose of this study was to find out: (1) the discipline of learning to analyze fabric waste for X grade students of Fashion Engineering at SMK N 1 Pandak. (2) the results of learning to analyze fabric waste for X grade students of Fashion Engineering at SMK N 1 Pandak. (3) relationship of discipline learning with the learning outcomes of analyze fabric waste on X grade students of Fashion Engineering SMK N 1 Pandak Bantul. This study uses a quantitative approach to the type of ex-post facto research and correlation research methods. The technique of determining the number of research samples using the Isaac and Michael Tables. The sampling technique uses simple random sampling method. Data were collected using a Likert Scale model questionnaire and documentation. This study uses content validity and construct validity. Instrument reliability was calculated using the Alpha Cronbanch coefficient and the analysis technique used is Product Moment Correlation. The results showed that: (1) the discipline of learning to analyze fabric waste of X grade Fashion Engineering students at SMK N 1 Pandak was 72.5% in the low category. (2) the results of learning to analyze fabric waste of X grade Fashion Engineering students at SMK N 1 Pandak 70.6% in the category of incompetence. (3) there is a significant relationship between learning discipline with learning outcomes of analyzing fabric waste of X grade Fashion Engineer Students at SMK N 1 Pandak. This is indicated by the value of r count greater than r table (0.305> 0.271) and the significance value of 0.030 which means less than 0.05 (0.030 <0.05) then Ha is accepted and Ho is rejected.
Keywords: Learning Discipline, Learning Outcomes, Fabric Waste
Full Text:
PDFReferences
Jailani, P. (2014). Hubungan antara Disiplin Belajaran dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SD Negeri 03 Kota Bengkulu. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrument Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. rev.ed. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian (Rev. Ed.). Bandung: Alfabeta.
Tu’u, T. (2008). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Bnadung: Grasindo.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v9i1.17200
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1