PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA KEMEJA LENGAN PANJANG DENGAN CAD UNTUK SISWA KELAS XI SMK TATA BUSANA

Tiara Mutia, , Indonesia
Sri Emy Yuli Suprihatin, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media video pembuatan pola kemeja lengan panjang dengan CAD; (2) mengetahui kelayakan ditinjau dari aspek isi materi, aspek kebahasaan, aspek penyajian, dan pendapat siswa. Pengembangan media video pembuatan pola kemeja dilakukan melalui penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D dikembangkan oleh Thiagarajan. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI Tata Busana SMKN 1 Depok Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Validitas instrumen dibuktikan dengan validitas isi menggunakan penilaian para ahli, reliabilitas instrumen dibuktikan dengan kesepakatan antar rater. Teknik analisis data menggunakan statistik diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah: (1) produk berupa media video pembelajaran (2) kelayakan media video ditinjau dari aspek isi materi skor 10 (100%), aspek kebahasaan skor 3 (100%), aspek penyajian skor 16 (100%), pendapat siswa skor 18,7 (93,5%). Berdasarkan hasil tersebut maka media video pembelajaran dinyatakan layak digunakan.


Kata Kunci : Video pembelajaran, pembuatan pola kemeja, CAD, Tata Busana

 

This study aimed to: (1) develop video media for the making of long sleeve shirt patterns using CAD; (2) investigate the appropriateness in terms of the material content aspect, the language aspect, the display aspect, and students’ opinions. The learning video media were developed through research and development (R&D) using the 4D model developed by Thiagarajan. The research subjects were Grade XI students of Fashion Design of SMKN 1 Depok Yogyakarta. The data were collected through observations, interviews, and questionnaires. The instrument validity was assessed in terms of the content validity through expert judgment and the instrument reliability was assessed by the interrater agreement. The data were analyzed using quantitative descriptive statistics. The results of the study were as follows. (1) The product was learning video media. (2) Regarding the appropriateness of the video media, the material content aspect got a score of 10 (100%), the language aspect got a score of 3 (100%), the display aspect got a score of 16 (100%), and the students’ opinions showed a score of 18.7 (93.5%). Based on these results, the learning video media are appropriate for use in learning.


Keywords: learning video, shirt patterns, CAD, Fashion Design


Full Text:

PDF

References


Asyhar, R. (2012) Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi Jakarta.

Santoso, D. (2014) Need Assessment Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Guru SMK Teknik Audio Video. Diambil pada tanggal 1 juli 2019, dari

https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/8917/7293

Sugiyono. (2006) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumiharsono, R. & Hasanah, H. (2017) Media Pembelajaran. Jember, Jawa Timur : CV. Pustaka Abadi.

Endang Mulyatiningsih (2011) Model Pengembangan Pembelajaran. Yogyakarta : UNY

Widhiarso, W. (2010) Melibatkan Rater dalam Pengembangan Alat Ukur. Diambil pada tanggal 18 November 2019, dari

http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/reliabilitas_antar_rater.pdf

Widhiarso, W. (2010) Reliabilitas Antar Rater. Diambil pada tanggal 18 November 2019, dari

http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/reliabilitas_antar_rater.pdf

Widihastuti. (2007) Pencapaian Standar Kompetensi Siswa SMK Negeri Program Keahlian Tata Busana di Kota Yogyakarta dalam Pembelajaran dengan KBK. Diambil 22 mei 2019, dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/7633




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v9i1.17189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1