PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA BLUS BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO

Afny Ulfa Yuniari, , Indonesia
Dr. Widihastuti, M.Pd., , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui : 1) pelaksanaan proses pembelajaran pembuatan pola blus
berbantuan Macromedia Flash, 2) peningkatan kompetensi pembuatan pola blus berbantuan
Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini siswa
kelas XI Busana Butik 2 SMK N 3 Purworejo yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data
dengan tes essay dan tes unjuk kerja. Uji validitas instrumen penelitian dengan expert judgements. Uji
reabilitas dengan Inter Rater Reability. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah : 1) pelaksanaan pembelajaran membuat pola blus berbantuan Macromedia
Flash yaitu guru menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, guru mendemonstrasikan materi,
guru membimbing pembuatan pola blus, guru mengecek pemahaman siswa dan memberikan umpan
balik, guru memberikan latihan lanjutan. 2) Terjadi peningkatan kompetensi siswa, pada siklus I
kompetensi siswa meningkat sebesar 68% dan pada siklus II meningkat menjadi 100% yaitu 35 siswa
sudah mencapai KKM dengan rata-rata nilai 83,45.
Kata kunci: peningkatan kompetensi, pola blus, Macromedia Flash

 

This study aimed to investigate: 1) the implementation of the learning process of
blouse pattern making assisted by Macromedia-Flash-based media, and 2) the improvement
of the competency in blouse pattern making assisted by Macromedia-Flash-based media.This
was a classroom Action Research Study using a research design with Kemmis and
McTaggart’s model. The research subjects were the students of Grade XI of Boutique
Clothing 2 of SMKN 3 Purworejo with a total of 25 students. The data were collected through
essay tests and performance tests. The research instrument validity was assessed by expert
judgment. Test reliability with Inter Rater Reability. The data were analyzed using descriptive
analysis techniques.The results of the study were as follows. 1) The implementation of the
learning of blouse pattern making assisted by Macromedia-Flash-based media, the activities
are the teacher stated the objectives and prepared the student, the teacher demonstrated the
materials for blouse pattern making assisted by Macromedia-Flash-based media, guided
blouse pattern making, checked the students’ understanding of the materials for blouse
pattern making, and provided feedback, the teacher provided further practices in blouse
pattern making. 2) There was an improvement in the students’ competency. in Cycle I, the
students’ competency improved to 68% and in Cycle II it improved to 100%; 35 students
attained the MMC with a mean score of 83.45.
Keywords: competency improvement, blouse pattern, Macromedia Flash

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek Rev. Ed. Jakarta : Rineka

Cipta.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran

Peranannya Sangat Penting dalam

Mencapai Tujuan Pembelajaran.

Yogyakarta : Gava Media.

Darmawan, Deni. (2012). Pendidikan

Teknologi Informasi dan

Komunikasi. Bandung : PT Remaja

Rosdakarya.

Juni Irawati. (2015). Peningkatan

Kompetensi Pembuatan Pola

Busana Anak Menggunakan

Model Pembelajaran Langsung

Berbantuan Media Macromedia

Flash Di SMK YPE Sawunggalih

Kutoarjo. Skripsi. Universitas

Negeri Yogyakarta.

Sanjaya,Wina. (2012). Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Trianto. (2011). Model-Model

Pembelajaran Inovatif

Berorientasi Konstruktivistik.

Jakarta : Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i6.17093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1