PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X BUSANA DI SMK DIPONEGORO
Sri Widarwati, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Prestasi Belajar siswa kelas X Busana Pada mata pelajaran Dasar Desain sebelum menerapkan pendekatan Saintifik Learning secara maksimal. (2) Prestasi Belajar siswa kelas X Busana Pada mata pelajaran Dasar Desain setelah menerapkan pendekatan Saintifik Learning secara maksimal. (3) Pengaruh pendekatan saintifik learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Desain secara maksimal. Penelitian ini menggunakan jenis Pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Analisis data menggunakan analisis desktiptif. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas. uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil Penelitian menunjukan bahwa : (1) Prestasi hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Desain sebelum diterapkan pendekatan scientific learning secara maksimal pada siswa diperoleh data siswa hanya sebanyak 23% yang mencapai kriteria ketuntas. 2) Prestasi hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Desain sesudah diterapkan Pendekatan Scientific Learning secara maksimal pada siswa mengalami peningkatan dari nilai saat pretest, diperoleh data siswa sebanyak 81% siswa sudah mencapi kriteria ketuntas. (3)Terdapat pengaruh penerapan Scientific Learning terhadap prestasi hasil belajar siswa, didapatkan bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0,00 dimana nilai tersebut < 0,05.
Kata kunci: Pendekatan Scientific Learning, Prestasi hasil Belajar.
This study aimed to find out: (1) the learning achievement of the students of Grade X of Fashion Design in the subject of Fundamentals of Design before applying the Scientific Learning approach to the maximum, (2) the learning achievement of the students of Grade X of Fashion Design in the subject of Fundamentals of Design after applying the Scientific Learning approach to the maximum, and (3) the effect of the Scientific Learning approach on the students’ achievement in the subject of Fundamentals of Design to the maximum. This was a pre-experimental study with the one group pretest posttest design. The data analysis used the descriptive analysis technique. The assumption tests were tests of normality and homogeneity. The hypothesis testing using the t-test. The results of the study were as follows. (1) Regarding the learning achievement of the subject of Fundamentals of Design before the application of the Scientific Learning approach to the maximum, 23% attained the mastery criterion. .(2) Regarding the learning achievement of the subject of Fundamentals of Design after the application of the Scientific Learning approach to the maximum, there was an improvement in the pretest scores. A total of 22 students (81%) attained the mastery criterion. .(3) There was an effect of the application of Scientific Learning on the students’ learning achievement, indicated by a significance value (2-tailed) = 0.00 <0.05.
Keywords:Scientific Learning Approach, Learning Achievement
Full Text:
PDFReferences
Aris, shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Badar, T.I, (2014). Mendesain Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia grub.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media
Direktorat Pembinaan SMK. (2013). Kompetensi Dasar Desain.
Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menenga, Departemen pendidikan Nasional.
Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Widarwati, sri. (2000). Disain Busana 1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UNY
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i5.17086
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1