UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X BUSANA BUTIK PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN DI SMK N 3 KLATEN
Sri Widarwati, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa kelas X busana butik pada mata pelajaran dasar desain di SMK Negeri 3 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Setting penelitian mengambil tempat di SMK Negeri 3 Klaten. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori rendah dari aspek memberi sentuhan lembut dengan presentase (86,43%), Memberi hadiah dengan presentase (43,21%). Guru yang kompeten dan humoris dengan presentase (54,33%). Kategori sedang dari aspek memberi pujian dan penghormatan dengan presentase (71,6%), Siswa mengetahui prestasi belajarnya dengan presentase (66,67%), Belajar menggunakan multi metode dengan presentase (39,5%). Kategori tinggi dari aspek siswa memperoleh pemahaman (comprehension) mengenai proses pembelajaran dengan presentase (69,14%), Siswa memperoleh kesadaran diri (self consciousness) terhadap pembelajaran dengan presentase (45,69%), Menyesuaikan tujuan pembelajaran dengan kebutuhan link of match dengan presentase (30,85%), Adanya iklim belajar yang kompetitif secara sehat dengan presentase (51,85%), Belajar menggunakan multi media dengan presentase (45,69%), Suasana lingkungan sekolah yang sehat dengan presentase (34,58%).
Kata kunci: Upaya Guru, Motivasi
This study aims to investigate the teacher’s efforts to improve the learning motivation of Grade X students of boutique clothing in the subject of fundamentals of design at SMK Negeri 3 Klaten. This was a descriptive study with a survey method. The research setting was SMK Negeri 3 Klaten. The data were collected using observations and questionnaires. The results of the study show that the teacher's efforts to improve the students’ motivation are in the low category in the aspects of giving a soft touch by 86.43% and giving rewards by 43.21%. The competent and humorous teacher is by 54.33%. The teacher’s efforts improve the students’ motivation are in the medium category in the aspect of giving compliments and respect by 71.6%. Students know their learning achievement by 66.67%. Learning through multi-methods is by 39.5%. The teacher’s efforts to improve students’ learning motivation to learn are in the high category from the aspects of students’ comprehension of the learning process by 69.14%. Students gain self-awareness towards learning by 45.69%. Adjusting learning objectives with link and match needs is by 30.85%. There is a healthy competitive learning atmosphere by 51.85%. Learning through multimedia is by 45.69%. The atmosphere of a healthy school environment is by 34.58%.
Keywords: teacher’s efforts, motivation
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful B., & Zain, Aswan. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamzah B. Uno. (2012). Teori Motivasi & Pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara
Sardiman (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
------------ (2009) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Sarwana. Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Tersedia pada http://sarwana09.blogspot.co.id/2013/01/meningkatkan-semangat-belajar-siswa-di.html. Diakses pada tanggal 22 Desember 2015.
Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sri Widarwati. (1993). Disain Busana 1. IKIP Yogyakarta
Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar
Baru Algensindo.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
------------ (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i5.17085
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1