HUBUNGAN PARTISIPASI DALAM TUGAS KELOMPOK DENGAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN KEMEJA SISWA KELAS XI TATA BUSANA DI SMK N 1 KALIJAMBE SRAGEN

Aisya Yuniardira, , Indonesia
Sri Wening, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui tingkat partisipasi dalam tugas kelompok pada kompetensi pembuatan kemeja oleh siswa kelas XI di SMK N 1 Kalijambe Sragen, (2) mengetahui hasil belajar pembuatan kemeja oleh siswa kelas XI di SMK N 1 Kalijambe Sragen, (3) membuktikan adanya hubungan antara partisipasi dalam tugas kelompok dengan hasil belajar pembuatan kemeja oleh siswa kelas XI di SMK N 1 Kalijambe Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Tata Busana di SMK N 1 Kalijambe Sragen yang menempuh mata pelajaran Pembuatan Busana Industri sebanyak 45 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 40 siswa ditentukan berdasarkan tabel Krejcie-Morgan dengan taraf signifikansi 5%, kemudian sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat partisipasi dalam tugas kelompok pembuatan kemeja siswa kelas XI di SMK N Kalijambe Sragen dikategorikan rendah dengan mean 65,55 (92,5%). (2) Hasil belajar pembuatan kemeja siswa kelas XI di SMK N 1 Kalijambe Sragen 22,5 % berhasil mencapai nilai KKM dan 77,5 % berada di bawah nilai KKM sehingga dinyatakan belum tuntas dengan mean sebesar 68,88. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara partisipasi dalam tugas kelompok dengan hasil belajar pembuatan kemeja dimana r hitung sebesar 0,968 lebih besar dari r tabel 0,312 dengan N= 40 pada taraf signifikan 5%.
Kata Kunci: Partisipasi, tugas kelompok, hasil belajar pembuatan kemeja

 

This study aimed to: (1) find out the level of participation in group work in the shirt making competency among Grade XI students of SMKN 1 Kalijambe Sragen, (2) find out their learning outcomes of shirt making, and (3) prove that there was a relationship between the participation in group work and the learning outcomes of shirt making among them. This was a correlational study with a quantitative approach. The research population comprised all Grade XI students of Fashion Design of SMKN 1 Kalijambe Sragen taking the Industrial Clothing Making subject with a total of 45 students. The sample, consisting of 40 students, was selected based on the Krejcie-Morgan table at a significance level of 5%. Then, the sample was selected by the simple random sampling technique. The data were collected using instruments such as questionnaires and documentation. The data were analyzed using product moment correlation. The results of the study were as follows. (1) The level of participation in group work on shirt making among Grade XI students of SMKN 1 Kalijambe Sragen was low with a mean of 65.55 (92.5%). (2) Regarding their learning outcomes of shirt making, 22.5% successfully achieved the minimum mastery criterion (MMC) score and 77.5% attained scores below the MMC so that they did not achieve the mastery with a mean of 68.88. (3) There was a significant positive relationship between the participation in group work and the learning outcomes of shirt making, indicated by robserved = 0.968>rtable = 0.312 with N = 40 at a significance level of 5%.
Keywords:participation, group work, learning outcomes of shirt making

 


Full Text:

PDF

References


BPS, Sakernas. (2017). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2017. Diakses tanggal 25 Januari 2018 dari http://www.bps.go.id.

Budiningsih, C.A. (2003). Desain Pesan Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Depdiknas.

Firmania, Y. (2017). Pembuatan Pola, Pengetahuan Bahan Tekstil dan Pembuatan Busana Industri. Bojonegoro: Pustaka Intermedia.

Hanafiah, N & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Hunneryager & Hecman. (1992). Partisipasi & dinamika kelompok. Semarang: Dahara Prize.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Press.

Mardapi, D. (2017). Pengukuran, Penilaian, & Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Mulyasa, E. (2006). Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: P.T Remaja Rosdakarya.

Muniroh, A. (2015). Academic Engagement: Penerapan Model Problem-Based Learning di Madrasah. Yogyakarta: Pelangi Aksara.

Rinarti, A. & Mustofani, H. (2011). Pembuatan Busana Industri Tata Busana. Surabaya: Garment Production.

Sebayang, N. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Bangunan FT UNIMED. Medan: Jurnal Pendidikan Teknologidan Kejuruan 17 (2).




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i4.17079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1