MINAT SISWA MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER MODELLING DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA
Triyanto, M.A., , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
modelling di SMK Negeri 4 Yogyakarta serta minat siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler modelling
di SMK Negeri 4 Yogyakarta ditinju dari faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan pendektan kuantitatif. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik
sampling jenuh. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statstik diskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa minat siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler modelling di SMK Negeri 4
Yogyakarta masuk dalam kategori “Sangat Tinggi” atau dapat dikatakan “Sangat Mempengaruhi”. Faktor
internal “Sangat Mempengaruhi” minat siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler modelling di SMK
Negeri 4 Yogyakarta, dengan urutan tertinggi hingga terendah yaitu Kebutuhan (86,4%), Perhatian
(86,1%), Motivasi (86,1%) dan Keingintahuan (82,9%). Faktor eksternal “Sangat Mempengaruhi” minat
siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler modelling di SMK Negeri 4 Yogyakarta, dengan urutan
tertinggi hingga terendah yaitu yaitu Rekan (87,83%), Sarana Prasarana (87,78%), Dorongan Orang Tua
(86,4%), Dorongan Guru (86,4%), dan Lingkungan (85,26%).
Kata kunci: Minat, Ekstrakurikuler Modelling, SMK.
The purpose of this study was to determine student interest in extracurricular modeling activities at SMK
Negeri 4 Yogyakarta and student interest in extracurricular modeling activities at SMK Negeri 4
Yogyakarta punched from internal and external factors. This research is a descriptive study with
quantitative approach. The sampling technique uses saturated sampling technique. The data analysis
technique was performed using descriptive statistical analysis. The results showed that students' interest
in joining extracurricular modeling activities at SMK Negeri 4 Yogyakarta was in the category of "Very
High" or it could be said to be "Very Influential". Internal factors "Highly Influence" students' interest to
take part in extracurricular modeling activities at SMK Negeri 4 Yogyakarta, with the highest to lowest
order, namely Needs (86.4%), Attention (86.1%), Motivation (86.1%) and Curiosity ( 82.9%). External
factors "Highly Influence" students' interest to take part in extracurricular modeling activities at SMK
Negeri 4 Yogyakarta, with the highest to lowest order, namely Partners (87.83%), Infrastructure
Facilities (87.78%), Parental Encouragement (86.4% ), Teacher Encouragement (86.4%), and
Environment (85.26%).
Keywords: Interests, Extracurricular Modeling, Vocational School
Full Text:
PDFReferences
Badudu, J.S. & Sutan Mohammad Zain. (1996).
Kamus Umum Bahasa Indonesia.
Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Carson, Byrta R. (1985). How You Look and
Dress. English : Mc.Graw-Hil; 4th
edition.
Djaali. (2008). Psikology Pendidikan. Jakarta :
PT. Bukti Aksara.
Muhibbin, Syah.( 2005). Psikologi Belajar.
Jakarta: PT. Raja Rafindo Persada
Jakarta.
Poerwanto,M .N. (2010). Psikologi Pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Siregar, Sofyan. (2011). Statistika Deskriptif
Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor
yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
Suharsini, Arikunto. (2002). Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Suparman. (2014). Peningkatan Kemandirian
Belajar dan Minat Belajar
Mahasiswa Mata Kuliah
Elektronika Analog dengan
Pembelajaran PBL. Fakultas Teknik
Universitas Negeri
Yogyakarta:Jurnal Pendidikan
Teknologi dan Kejuruan. Volume
, No.1, Mei 2014: Page
Suryabrata, Sumadi. (2006). Psikologi
Pendidikan. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Syaiful Bahri Djamarah. (2008). Psikologi
Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Yudha M. Saputra. (1998/1999).
Pengembangan kegiatan ko dan
ekstrakurikuler. Depdiknas: Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i4.17076
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1