PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA DALAM MATA PELAJARAN TEKSTIL KELAS X BUSANA DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA

Maulyda Larasati Sumaryono, , Indonesia
Dr. Widihastuti, M.Pd., , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran
tekstil pada kelas kontrol yang menggunakan ceramah dan kelas eksperimen sebelum dan sesudah
menggunakan model pembelajaran jigsaw serta mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran
jigsaw terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran tekstil di SMK Karya Rini YHI Kowani
Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dan
desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data statistik deskriptif dan
inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi akademik siswa kelas
kontrol yang menggunakan ceramah maupun kelas eksperimen yang diukur dengan pre-test termasuk
kategori rendah. Sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw yang diukur dengan posttest
mengalami perubahan signifikan. Dengan demikian dikatakan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran jigsaw terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran tekstil.
Kata kunci: Jigsaw, SMK, Tata Busana, Prestasi Akademik, Pelajaran Tekstil

 

This study aimed to determine the academic achievement of students in textile subjects in the
control class using lectures and experimental classes before and after using the jigsaw learning model
and to know the effect of using jigsaw learning models on students academic achievement in textile
subjects at Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta Vocational High School. This study uses a type of quasiexperimental
research and research design Pretest-Posttest Control Group Design. The technique of
analyzing descriptive and inferential statistics uses the t-test. The results showed that the academic
achievement of the control class students who used lectures and experimental classes as measured by
the pre-test included the low category. Whereas after using the jigsaw learning model measured by the
post-test experienced significant changes. Thus it is said that there is an influence of the jigsaw learning
model on student academic achievement in textile subjects.
Keywords: Jigsaw, Vocational School, Fashion, Academic Achievement, Textile Lessons

 


Full Text:

PDF

References


Aronson, E. (2008). The Jigsaw Classroom,

Web Site Copyright, Social Psycology

Network. Diambil pada tanggal 9 Januari

, dari

http//www.aronson.sosialpychology.org

Bangkit, T. F. (2018). Peningkatan Hasil

Belajar Menganalisis Serat Tekstil

Buatan Melalui Penerapan Model

Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa

Kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4

Yogyakarta. Skripsi, Tidak

diterbitkan, Univesitas Negeri

Yogyakarta, Yogyakarta.

Chaplin, J. P. (2001). Kamus Lengkap

Psikologi. Terjemahan oleh Kartini

dan Kartono. Jakarta: Raja Grafindo

Perkasa.

Creswell, John W. (2012). “Planning,

Conducting, and Evaluating

Quantitative and Qualitative

Research”. Fourth edition. Boston:

Pearson.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik

Indonesia Nomor 20 Tahun 2003

Tentang: Sistem Pendidikan Nasional.

Diambil pada tanggal 9 Januari 2019,

dari http://sindikker.dikti.go.id.

Farida, A.S. (2017). Statistika Terapan untuk

Penelitian Pendidikan dan Sosial.

Yogyakarta: Parama Publishing.

Panitz, T. (1999) Collaborative Versus

Cooperative Learning: Comparing the

Two Definition Helps Understand the

Nature of Interactive

Learning. Cooperative Learning and

College Teaching 8(2).

Trianto. (2010). Model Pembelajaran: Konsep,

Strategi, dan Implementasinya dalam

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

(KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i4.17072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1