PENGARUH PENGETAHUAN BUSANA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI BUSANA PADA SISWA JURUSAN TATA BUSANA SMK N 3 KLATEN

Shinta Fitria Dewi, , Indonesia
Dr. Sri Wening, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan tingkat pengetahuan busana pada siswa
jurusan tata busana SMK N 3 Klaten, 2) mendeskripsikan perilaku konsumsi busana pada siswa jurusan
tata busana SMK N 3 Klaten, dan 3) mengetahui adanya pengaruh pengetahuan busana terhadap perilaku
konsumsi busana pada siswa jurusan tata busana SMK N 3 Klaten. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI kompetensi
keahlian tata busana SMK N 3 Klaten sebanyak 130 orang. Ukuran sample penelitian sebanyak 95 orang
ditentukan dengan tabel Isaac dan Michael. Selanjutnya sampel tiap kelas ditentukan dengan teknik
simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur variabel
pengetahuan busana dan angket untuk variabel perilaku konsumsi busana. Analisis data deskripsi
dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi sederhana yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat
analisis meliputi uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengetahuan
busana siswa jurusan tata busana SMK N 3 Klaten termasuk dalam kategori baik (56,8%) dengan nilai
modus 31 dan mean 29,4. 2) perilaku konsumsi busana siswa jurusan tata busana SMK N 3 Klaten
termasuk dalam kategori sedang (49,4%) dengan nilai modus 44 dan mean 52,9. 3) terdapat pengaruh
antara pengetahuan busana terhadap perilaku konsumsi busana siswa jurusan tata busana SMK N 3
Klaten dibuktikan dengan besarnya nilai signifikansi < 0,05 dan nilai F hitung sebesar 30,957 sehingga
Ha diterima dengan koefesien determinasi (r2) sebesar 0,250 yang artinya 25% perubahan pada variabel
perilaku konsumsi busana (Y) dipengaruhi oleh variabel pengetahuan busana (X) sedangkan 75%
lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penilitian ini.
Kata kunci: pengetahuan busana, perilaku konsumsi, tata busana.

 

This study aims to: 1) describe the levels of fashion knowledge among students of Fashion Design
Department of SMKN 3 Klaten, 2) describe their behavior clothing consumptions, and 3) find out the
effect of their fashion knowledge on their clothing consumption behaviors. This was a quantitative study
with a correlation approach. The research population comprised the students of Grade XI of Fashion
Design Expertise Competency of SMKN 3 Klaten. The sample size of 95 students was determined by
Isaac and Michael’s table. Then, the sample for each class was determined by the simple random
sampling technique. The data collection techniques included a test to measure the variable of fashion
knowledge and a questionnaire to measure the variable of fashion consumption behaviors. The data
analysis techniques consisted of the descriptive analysis and simple regression. The analysis assumption
tests were tests of normality and linearity.The results of the study are as follows. 1) The fashion
knowledge among students of Fashion Design Department of SMKN 3 Klaten is in the good category
(56,8%) with a mode of 31 and a mean of 29,4. 2) Their fashion consumption behaviors are in the
medium category (49,4%) with a mode of 44 and a mean of 52,9. 3) There is a positive effect of their
fashion knowledge on their fashion consumption behaviors, indicated by the significance value < 0,05
and the F value 30,957 with coefficient of determination (r2) of 0.250, which means that 25% of the
variance in the variable of fashion consumption behaviors (Y) can be affected by the variable of fashion
knowledge (X) while the remaining 75% is affected by other variables not examined in this study.
Keywords: fashion knowledge, consumption behaviors, fashion design

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Izwerni. (1994). Studi Tentang Pakaian

Mahasiswa PKK Tata Busana

FPTK IKIP Padang ke Kampus.

Padang: IKIP Padang.

Kotler Philip, K. L. (2008). Manajemen

Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Jakarta:

Erlangga.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian

dan Evaluasi Pendidikan.

Yogyakarta: Nuha Medika.

Notoadmodjo, S. (2002). Pengantar

Pendidikan Kesehatan dan Ilmu

Perilaku Kesehatan. Yogyakarta:

Andi Offset.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk

Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Universitas Negeri Yogyakarta. (2016).

Pedoman Tugas Akhir. Yogyakarta:

Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i3.17071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1