PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PEMBELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI SISWA KELAS XI DI SMKN 1 PANDAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat pengetahuan siswa kelas XI tentang K3
pada pembelajaran pembuatan busana industri di SMK Negeri 1 Pandak Bantul, (2) sikap siswa kelas
XI dalam menerapkan K3 pada pembelajaran pembuatan busana industri di SMK Negeri 1 Pandak
Bantul, (3) penerapan K3 pada pembelajaran pembuatan busana industri siswa kelas XI di SMK
Negeri 1 Pandak Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan lembar observasi. Teknik analisis data
dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian diketahui: (1) tingkat pengetahuan siswa kelas XI
tentang K3 pada pembelajaran pembuatan busana industri di SMK Negeri 1 Pandak Bantul 62,5%
siswa termasuk kategori tinggi, (2) sikap siswa kelas XI dalam menerapkan K3 pada pembelajaran
pembuatan busana industri di SMK Negeri 1 Pandak Bantul sebanyak 50% siswa termasuk kategori
sangat baik dan baik, (3) penerapan K3 pada pembelajaran pembuatan busana industri siswa kelas XI
di SMK Negeri 1 Pandak Bantul memiliki rata-rata siswa sangat menerapkan tindakan K3 sebesar
39,83% siswa.
Kata Kunci : Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja, pembuatan busana industri, sekolah
menengah kejuruan
This study aims to find out: (1) the level of knowledge of class XI students about OSH in learning to
make industrial clothing at SMK Negeri 1 Pandak Bantul, (2) attitudes of class XI students in
implementing OSH in learning to make industrial clothing at SMK Negeri 1 Pandak Bantul (3) the
application of OSH on learning to make industrial clothing for grade XI students at SMK Negeri 1
Pandak Bantul. This research is a descriptive study with a survey approach. Data collection
techniques used tests, questionnaires and observation sheets. Data analysis techniques with
descriptive statistical analysis. The results of the study revealed: (1) the level of knowledge of class XI
students about OSH in learning to make industrial clothing at SMK Negeri 1 Pandak Bantul 62.5% of
students included in the high category, (2) attitudes of class XI students in applying OSH in learning
fashion manufacturing in 50% of the SMK Negeri 1 Pandak Bantul students are in the very good and
good category, (3) the application of OSH in the learning of industrial fashion making for class XI
students at SMK Negeri 1 Pandak Bantul has an average of 39.33% of students applying the OSH
action .
Keywords: Application of occupational safety and health, manufacturing of industrial clothing,
vocational high school
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Hasan (Editor). 2002. Kamus Besar
Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta:
Balai Pustaka
Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur
Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen
Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. (1995). Sikap Manusia:
Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI
Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana Jilid 1.
Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah
Menengah Kejuruan.
Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana Jilid 3.
Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah
Menengah Kejuruan.
Hamalik, Oemar. (2013). Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hargiyanto, Putut. (2011). Analisis Kondisi
dan Pengendalian Bahaya di
Bengkel/Laboratorium Sekolah
Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian:
Jurnal Pendidikan Teknologi dan
Kejuruan Universitas Negeri
Yogyakarta (vol. 20 Nomor 2). Hal 203-
Hidayat, N & Wahyuni, I. (2016). Kajian
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Bengkel di Jurusan Pendidikan Teknik
Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik
UNY. Jurnal Penelitian: Jurnal
Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Universitas Negeri Yogyakarta (vol. 23
Nomor 1). Hal 52-53.
Hirano, Hiroyuki. (1992). Penerapan 5S di
Tempat Kerja (Paulus A. Setiawan).
Jakarta: PHP.
Ismara, K. Ima. dkk. (2018). Prinsip-Prinsip
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
dalam LKS SMK. Yogyakarta: UNY
Press.
Indrayani & Suliyanti, I. (2014). Kajian
Penerapan Kesehatan dan Keselamatan
Kerja (K3) dalam Proses Belajar
Mengajar di Bengkel dan Laboratorium
Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal
Penelitian: Jurnal Teknik Sipil
Politeknik Negeri Sriwijaya (Volume 10
Nomor 1) Hal. 27-36.
Iridiastadi, H & Yassierli. (2017). Ergonomi
Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja
Rodsdakarya Offset.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia. (2013). Modul
Keselamatan Kerja dan Kesehatan
Lingkungan 2 Kelas X. Bandung:
Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia.
Kementrian Tenaga Kerja daUlya) 11n Transmigrasi.
(2010). Peraturan Menteri Tenaga
Kerja dan Transmigrasi Nomor 08,
Tahun 2010, tentang Alat Pelindung
Diri.
Khayati, E, Z, & Jerusalem, M, A. (2010).
Modul Keselamatan dan Kesehatan
Kerja. Yogyakarta: UNY Press.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Pendidikan
dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT.
Rineka Cipta
Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Pendidikan
dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT.
Rineka Cipta
Notoatmodjo, Soekidjo. (2005). Metodologi
Penelitian Kesehatan Edisi Revisi..
Yogyakarta: PT. Rineka Cipta
Notoatmodjo, Soekidjo. (2007). Promosi
Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta:
Rineka Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Promosi
Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Cetakan
I.. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Permenaker. (1996). Permenaker RI Nomor 5,
Tahun 1996, tentang Sistem Manajemen
Kesehatan dan Keselamatan Kerja.
Permendikbud. (2013). Permendikbud RI
Nomor 70, Tahun 2013, tentang
Kerangka Dasar dan Struktur
Kurikulum Sekolah Menengah
Kejuruan / Madrasah Aliyah Kejuruan.
Sugiyono, Dendi. (2008). Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Suma’mur. (1987). Kesehatan Kerja dan
Pencegahan Kecelakaan, Jakarta: CV.
Haji Mas
Tim K3 FT UNY. (2014). Buku Ajar
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
Fakultas Teknik Universitas Negeri
Yogyakarta. Yogyakarta: UNY Press.
TIM Tugas Akhir Skripsi. (2016). Pedoman
Penyusunan Tugas Akhir Skripsi.
Yogyakarta : Universitas Negeri
Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i3.17070
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1