PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI KONSTRUKSI KAITAN UNTUK MATA PELAJARAN TEKSTIL SISWA KELAS X TATA BUSANA

Ayu Utari Purnomo Putri, , Indonesia
Dr. Widihastuti, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media interaktif berbasis android materi konstruksi kaitan untuk pelajaran tekstil siswa kelas X SMK Tata Busana; (2) mengetahui kelayakan media interaktif berbasis android materi konstruksi kaitan ditinjau dari ahli materi, ahli media dan pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define (pendefinisian); (2) design (perancangan); (3) develop (pengembangan); (4) disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMKN 1 Pandak yang berjumlah 23. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) produk berupa media interaktif berbasis android materi konstruksi kaitan untuk kelas X SMK Tata Busana yang telah berhasil dikembangkan dengan mengikuti tahapan 4D; (2) berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan pengguna, media interaktif berbasis android dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran mata pelajaran tekstil.
Kata Kunci : Multimedia interaktif, android, konstruksi kaitan

 

This study aimed to: (1) develop android-based interactive learning multimedia for the materials of crochet construction in textile learning for Grade X students of Fashion Design in the vocational High School (VHS); (2) find out the appropriateness of the android-based interactive learning multimedia for the materials of crochet construction according to a materials expert, a media expert and users. This was a research and development (R&D) study using with a 4D model developed by Thiagarajan consisting of 4 stages, namely: (1) define, (2) design, (3) develop, and (4) disseminate. The research subjects Grade X students of Fashion Design of SMKN 1 Pandak with a total of 23. The data were collected through observations, interviews, and questionnaires. The instrument validity was assessed in terms of the content validity through expert judgment and the instrument reliability was assessed by the interrater agreement. The data analysis technique was the quantitative descriptive statistical technique.
The results of this study were as follows. (1) The developed product was android-based interactive learning multimedia for the materials of crochet construction for Grade X of Fashion Design in the VHS. (2) The results of the study are very useful to encourage students to be more interested in learning the materials of crochet construction. Based on this, the android-based learning multimedia for the materials of crochet construction is very appropriate and can be used for learning in the textile subject.
Keywords: interactive multimedia, android, crochet construction, Fashion Design

 


Full Text:

PDF

References


Sanaky , Hujair AH. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Safiria Insania Press

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Sanaky, Hujair AH (2009) Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safiria Insania.

Mahnun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran. Jurnal

Winatha, Komang Redy dkk. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal

Mayer, R E. (2009). Multimedia- Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukoco, dkk. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.Vol. 22, No. 2 : 224

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rima Wati, E. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kota Pena

TIM Tugas Akhir Skripsi. (2016). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Mayer, R E. (2009). Multimedia- Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratu Sri Hastutie (2009). Crochet Accessories. Surabaya. Tiara Aksa.

Thiagarajan dalam Endang Mulyatiningsih (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung. Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i3.17067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1