PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN MENGANALISIS SERAT TEKSTIL BUATAN DI SMK TATA BUSANA

Fellya Purwanita, , Indonesia
Dr. Widihastuti, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia interaktif untuk pembelajaran menganalisis serat tekstil kelas X SMK Tata Busana; (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif untuk pembelajaran menganalisis serat tekstil ditinjau dari ahli materi; (3) mengetahui kelayakan multimedia interaktif untuk pembelajaran menganalisis serat tekstil ditinjau dari ahli media; (4) mengetahui kelayakan multimedia interaktif untuk pembelajaran menganalisis serat tekstil ditinjau dari pengguna siswa. Jenis penelitian R&D dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Subjek penelitian ini peserta didik kelas X Tata Busana SMK Karya Rini. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dengan cara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) berupa produk multimedia interaktif untuk menganalisis serat tekstil kelas X SMK Tata Busana; (2) kelayakan multimedia interaktif ditinjau dari ahli materi mendapat skor 70,33 dinyatakan sangat layak; (3) kelayakan multimedia interaktif ditinjau dari ahli media mendapat skor 76,5 dinyatakan sangat layak; (4) kelayakan multimedia interaktif ditinjau dari uji skala kecil mendapat skor 92,2 dinyatakan sangat layak dan uji skala besar mendapat skor 93,4 dinyatakan sangat layak. Dengan demikian multimedia interaktif dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran
Kata Kunci: Multimedia interaktif, menganalisis serat tekstil, SMK Tata Busana

 

This study aims to: (1) develop interactive multimedia for learning analyzing textile fibers in VHS Fashion Design; (2) find out the feasibility of interactive multimedia r learning analyzing textile fibers in terms of material experts; (3) find out the feasibility of interactive multimedia for multimedia for analyzing textilefibers in terms of media experts; (4) find out the feasibility of interactive multimedia for multimedia for analyzing textile fibers in terms of student users. This type of R & D research with a 4D model was developed by Thiagarajan. The subject of this study was the students of class X Fashion Design at the VHS Karya Rini. Data collection techniques used were observations, interviews, and questionnaires. The data analysis technique is descriptive quantitative. The results of this study are: (1) interactive multimedia products for learning analyzing textile fibers at VHS Fashion Design; (2) the feasibility of interactive multimedia in terms of material experts scored 70.33 stated to be very feasible; (3) interactive multimedia feasibility in terms of media experts got a score of 76.5 stated to be very feasible; (4) interactive multimedia feasibility in terms of the small scale test scores 92.2 stated to be very feasible and the large scale test scores 93.4 stated to be very feasible. Thus interactive multimedia is stated to be very feasible and can be used as a learning media
Keywords: Interactive multimedia, analyzing textile fibers, VHS Fashion Design

 


Full Text:

PDF

References


Agustin. & Subandi, E. (1980). Pengetahuan barang tekstil. Jakarta: Staff Proyek Pengadaan Buku Pendidikan Teknologi Kerumah Tanggaan Dan Kejuruan Kemasyarakatan.

Arifin, Y., Ricky, M.Y., & Yesmaya, V. (2015). Digital multimedia. Jakarta: Widia Inovasi Nusantara.

Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran (Rev. Ed). Jakarta: Rajawali Pres.

Istinharoh. (2013). Pengantar ilmu tekstil 1: untuk sekolah menengah kejuruan semester 1. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Masyhariati, L. (2013). Tekstil I. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyaningsih, E. (2011). Riset terapan bidang pendidikan & teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran: sebuah pendekatan baru. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Wati, E.R. (2016). Ragam media pembelajaran: visual – audio visual – komputer – power point – internet – interactive video. Kata Pena.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i3.17065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1