PENGEMBANGAN MODUL ANATOMI TUBUH WANITA PADA MATA PELAJARAN DISAIN DIGITAL KELAS XI TATA BUSANA DISMK PIUS X MAGELANG
Triyanto, M.A Triyanto, M.A, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran modul
anatomi tubuh wanita pada mata pelajaran disain digital untuk siswa kelas XI di SMK PIUS
Magelang. (2) mengetahui kelayakan modul anatomi tubuh wanita pada mata pelajaran disain
digital untuk siswa kelas XI di SMK PIUS MAGELANG sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini
menggunakan model penelitian Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjoknov,
yang terdiri dari 5 langkah pengembangan, Metode pengumpulan data yang digunakan
metode observasi, wawancara dan angket dengan menggunakan teknik analisis data statistik
deskriptif. Sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan validitas konstruk dan validitas
isi. Uji reliabilitas kelayakan media menggunakan KR-20 (kuder richardson-20). Hasil uji
coba skala kecil termasuk dalam kategori “Layak” denggan skor 212 dengan persentase
84,8%. Sedangkan untuk uji coba skala besar diperoleh skor 811 dengan persentase 90,2%.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Disain Digital, Coreldraw
This study aims to: (1) develop learning media for female body anatomy modules on digital
design subjects for class XI students at PIUS Vocational School in Magelang. (2) find out the
feasibility of female body anatomy modules on digital design subjects for class XI students at
SMK PIUS X Magelang as learning media. This research is R & D (Research and
Development). This study uses the Borg & Gall research model which is simplified by the
Puslitjoknov Team, which consists of 5 steps of development, Methods of data collection used
observation methods, interviews and questionnaires using descriptive statistical data analysis
techniques. While the research instrument uses construct validity and content validity. Test
the reliability of media feasibility using KR-20 (brother richardson-20). The results of smallscale
trials included in the category "Eligible" with a score of 212 with a percentage of
84.8%. Whereas for the large-scale trials obtained a score of 811 with a percentage of
90.2%.
Keywords: Development, Modules, Digital Design, Coreldraw
Full Text:
PDFReferences
Anwar, I., 2010, Pengembangan Bahan
Ajar, Bahan Kuliah Online, Direktori UPI,
Bandung
Daryanto.(2013).Menyusun Modul Bahan
Ajar untuk Persiapan Guru dalam
Mengajar.Yogyakarta: Gava Media
Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan Tahun 2006
Direktorat Pembinaan SMK.(2008).Teknik
Penyusunan Modul.Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional
Azhar Arsyad.(2011).Media
Pembelajaran.Jakarta: Rajawali
Press
Ernawati,Izwerni & Weni Nelmira.2008.
Tata Busana Jilid 2. Derektoral
Pembinaan Busana
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i1.15275
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1