PENGARUH HASIL BELAJAR PRAKTIK KERJA LAPANGAN TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA BIDANG BUSANA SISWA JURUSAN TATA BUSANA SMK N 4 YOGYAKARTA
sugiyem, M.Pd Sugiyem, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar praktik kerja lapangan
terhadap motivasi berwirausaha bidang busana siswa jurusan Tata Busana SMK N 4
Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa
kelas XII sebanyak 119 siswa Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random
sampling. Teknik pengumpulan data ini menggunakan dokumentasi dan angket. Validitas
instrumen angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi Product
Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dengan
analisis korelasi Product Moment dan analisis regresi sederhana, yang sebelumnya dilakukan
uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian ini: (1) Hasil
belajar praktik kerja lapangan siswa rata-rata tergolong dalam kategori “ siswa mampu
menyelesaikan ≥75% pekerjaan sesuai standar” dengan skor mean 87,68; (2) Motivasi
berwirausaha bidang busana siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan modus: 71 dan mean
70,41; (3) terdapat pengaruh positif antara hasil belajar praktik kerja lapangan terhadap
motivasi berwirausaha bidang busana dengan koefesien determinasi (r
2
) sebesar 0,33 yang
artinya 33% perubahan pada variabel motivasi berwirausaha bidang busana (Y) dapat
diterangkan oleh variabel hasil belajar praktik kerja lapangan (X).
Kata Kunci : Hasil Belajar, Praktik Kerja Lapangan, Motivasi Berwirausaha, Bidang Busana.
THE EFFECT OF THE LEARNING OUTCOMES OF THE FIELDWORK PRACTICE ON
THE ENTREPRENEURIAL MOTIVATION IN THE FASHION SECTOR AMONG
STUDENTS OF FASHION DESIGN DEPARTMENT, SMKN 4 YOGYAKARTA
ABSTRACT
This study aims to find out the effect of the learning outcomes of the fieldwork practice
on their entrepreneurial motivation in the fashion sector.This was an ex post facto study. The
research population comprised 119 students of Grade XII of Fashion Design. The sampling
technique was the simple random sampling technique. The data were collected using
documentation and questionnaires. The questionnaire instrument validity was assessed by item
analysis using the product moment correlation formula and the reliability was assessed by
Cronbach’s Alpha formula. The hypothesis was tested by the product moment correlation
analysis and simple regression analysis. The analysis assumption tests were tests of normality
and linearity.The results of the study are as follows. (1) The learning outcomes of the fieldwork
practice among students on average fall into the category that “students are able to complete >
75% of work according to standards” with a mean score of 87.68. (2) Their entrepreneurial
motivation in the fashion sector was in the high category with a mode of 71 and a mean of 70.41
(3) There is a positive effect of the learning outcomes of the fieldwork practice on the
entrepreneurial motivation in the fashion with a coefficient of determination (r
) of 0.33, which
means that 33% changes in the variable of the entrepreneurial motivation in the fashion sector
(Y) can be accounted for by the variable of the learning outcomes of the fieldwork practice (X).
Keywords: Learning Outcomes of the Fieldwork Practice, Entrepreneurial Motivation in the
Fashion Sector
Full Text:
PDFReferences
Ariyanti, Fiki. Lulusan SMK jadi
Pengangguran Paling Banyak. Diakses
dari
https://m.liputan6.com/bisnis/read/315
/lulusan-smk-jadi-pengangguranpaling-banyak-di-ri.
Diakses pada
tanggal 15 Maret 2018.
Basrowi. (2014). Kewirausahaan untuk
Perguruan Tinggi, Bogor: Ghalia
Indonesia.
Depdiknas. (2015). Pendampingan
Implementasi Kurikulum 2013 SMK.
Direktorat PSMK.
Hamalik, Oemar. (2001). Manajemen
Pelatihan Ketenagakerjaan
Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi
Aksara.
Jerusalem, Adam. (2011). Manajemen
Usaha Busana. Fakultas Teknik,
Universitas Negeri Yogyakarta
Kasmir. (2011). Kewirausaahan-edisi
revisi, Jakarta: PT, Rajagrafindo
Persada.
Sugiyono. (2016). Statistika Untuk
Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Suryana, Y. & Bayu, K. (2011).
Kewirausahaan Pendekatan
Karakteristik Wirausahawan Sukses,
Jakarta: Kencana.
Wibowo, Nugroho. (2016). Upaya
Memperkecil Kesenjangan Kompetensi
Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan
dengan Tuntunan Dunia Industri. Jurnal
Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 23(1).
Hlm.4
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i7.14587
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1