MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN MACAM- MACAM KAMPUH MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA SMK N 1 PENGASIH
Dr. Emy Budiastuti, M. Pd., , Indonesia
Abstract
macam kampuh menggunakan video pembelajaran berbasis adobe flash untuk siswa SMK N 1
Pengasih, (2) peningkatan motivasi siswa dengan video pembelajaran berbasis adobe flash dalam
pembelajaran pembuatan macam- macam kampuh untuk siswa SMK N 1 Pengasih, (3) peningkatan
hasil belajar siswa dengan video pembelajaran berbasis adobe flash dalam pembelajaran pembuatan
macam- macam kampuh untuk siswa SMK N 1 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian terdiri dari 3 tahap, yaitu : (1)Perencanaan, (2) tindakan dan
observasi, (3) refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini
adalah : (1) pelaksanaan pembelajaran: Pendahuluan, kegiatan inti, penutup (2) peningkatan motivasi
belajar pembuatan macam- macam kampuh pada siklus I mean 36,65 kategori rendah; dan pada siklus
II mean 100% kategori sangat tinggi.3) peningkatan hasil belajar pembuatan macam- macam kampuh
pada pra siklus mengasilkan mean 100% atau 32 siswa belum mencapai KKM; pada siklus I
mengasilkan mean 81,3% atau 26 siswa mencapai KKM;pada siklus II menghasilkan mean 100%
atau 32 siswa sudah mencapai KKM, dengan demikian video pembelajaran berbasis Adobe Flash
dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pembuatan macam- macam kampuh untuk siswa SMK
N 1 Pengasih.
Kata kunci : Adobe Flash, pembuatan macam- macam kampuh .
IMPROVING THE MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES OF MAKING A
VARIETY OF SEAMS THROUGH ADOBE-FLASH-BASED LEARNING VIDEOS FOR
STUDENTS OF SMK N 1 PENGASIH
Abstract
This study aimed to investigate: 1) the implementation of the learning of making a variety of
seams through adobe-flash-based learning videos for students of SMK N 1 Pengasih: 2)the
improvement of their motivation in the learning of making a variety of seams through adobe-flashbased
learning videos: and 3) the improvement of their learning outcomes of making a variety of
seams through adobe-flash-based learning videos. This was a classroom action research, design with
the research procedure consisting of planning, action, observation, and reflection. The data analysis
technique was the quantitative descriptive analysis technique.The results of the study were as follows.
1) the learning through: preliminary activities, main activities, closing activities . 2) The improvement
of the learning motivation in making a variety of seams in cycle I was indicated by a mean of 36,65,
in the low category, and in cycle II the man of students’ motivation of students 100%, in the very hihg
category. 3) Regarding the improvement of the learning outcomes of making a variety of seams, in the
pre-cycle 32 students (100%) did not attain the minimum mastery criterion (MMC), in Cycle I 26
student (81,3%) attained the MMC, and in Cycle II 32 students (100%) attained the MMC. Thus,
adobe-flash-based learning videos were capable of improving the motivation and learning outcomes
of making a variety of seams for the students of SMK N 1 Pengasih.
Keywords: Adobe Flash, making a variety of seams
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mudjono.(2009). Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: PT Reineka
Cipta.
Dina Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu
Media Pembelajaran. Yogyakarta :
Diva Press
Djemari Mardapi. (2008). Teknik
Penyusunan Instrumen Tes dan
Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia
Press
. (2012). Pengkuran
Penilaian dan Evaluasi Pendidikan.
Yogyakarta: Nuha Medika
Dwijanti. (2013). Dasar Teknologi
Menjahit Jilid 2. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Ernawati dkk. (2008). Tata Busana Jilid 1.
Direktorat Pembinaan Sekolah
Menengah Kejuruan. Jakarta
Marsudi (2016). Penerapan Model
Konstruktivistik dengan Media File
Gambar 3D untuk Meningkatkan
Motivasi dan Prestasi Hasil Belajar.
Jurnal Pendidikan Teknologi dan
Kejuruan. Volume 16, no 1
Winardi J. (2001). Motivasi dan
Pemotivasian Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i7.14584
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1