KETERLAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT SMK N 6 PURWOREJO
Kapti Asiatun, M.Pd, , Indonesia
Abstract
pembelajaran teknologi menjahit di SMK N 6 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif dengan pendekatan survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana
SMK N 6 Purworejo sejumlah 64 orang. Teknik penentuan sampel yaitu dengan teknik purposive
sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi, wawancara,
dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan persentase.
Hasil penelitian adalah : (1) Keterlaksanaan mengamati hasil yang diperoleh 93,75 %. (2)
Keterlaksanaan tahapan menanya hasil yang diperoleh 100 %. (3) Keterlaksanaan tahapan
mengeksplorasi hasil yang diperoleh 98,44 %. (4) Keterlaksanaan tahapan mengasosiasi hasil yang
diperoleh 98,44 %. (5) Keterlaksanaan tahapan mengomunikasikan hasil yang diperoleh 98,44 %. (6)
Keterlaksanaan pendekatan saintifik hasil yang diperoleh 89,06 %, hal ini ditinjau dari data perolehan
hasil angket, observasi dan wawancara.
Kata kunci: keterlaksanaan pembelajaran, pendekatan saintifik, teknologi menjahit
THE IMPLEMENTATION OF THE SCIENTIFIC APPROACH IN THE 2013 CURRICULUM
IN SEWING TECHNOLOGY LEARNING AT PVHS 6 OF PURWOREJO
ABSTRACT
This study aims to investigate the implementation of the stages of the scientific approach in
sewing technology learning at PVHS 6 of Purworejo.This was a descriptive study with the survey
approach. The sample consisted of the students of Grade X of Fashion Design at PVHS 6 of
Purworejo with a total of 64 students. The data were collected using observation sheets, interviews,
documentation and questionnaires. The data were analyzed by the statistical descriptive analysis
technique with percentages. The results of the study are as follows. (1) Regarding the implementation
of the stage of observing, the result is 93.75%. (2) Regarding the implementation of the stage of
questioning, the result is 100%. (3) Regarding the implementation of the stage of exploring, the result
is 98.44%. (4) Regarding the implementation of the stage of associating, the result is 98.44%. (5)
Regarding the implementation of the stage of communicating, the result is 98.44%. (6) Regarding the
implementation of the scientific approach the result is 89.06%, this is based on the data of the results
of questionnaires, observations, and interviews.
Keywords: implementation of learning, scientific approach, sewing technology
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran
Saintifik Kurikulum 2013.
Yogyakarta: Gava Media
Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana Jilid I.
Jakarta: Direktorat Pembinaan
Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jenderal Manajemen
Pendidikan Dasar dan Menengah,
Departemen Pendidikan Nasional
Fadillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum
dalam Pembelajaran SD/MI,
SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyaarta:
Ar-ruzz Media
Gunadi, Usman Tawardjono, Setya Nugraha
Beni. (2014). Identifikasi
Kompetensi SMK Program Studi
Otomotif dalam Rangka
Implementasi Kebijakan Kurikulum
Jurnal Pendidikan Teknologi
Kejuruan Volume 22 No. 1
Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Kurniasih, I. dan Sani, B. (2014). Implementasi
Kurikulum 2013: Konsep &
Penerapan. Surabaya: Kata Pena
Majid, A. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam
Implementasi Kurikulum 2013.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Manap, A. (2009). Implementasi Penilaian
Pembelajaran pada SMK Jurusan
Bangunan di Daerah Istimewa
Yogyakarta. Jurnal Pendidikan
Teknologi Kejuruan Volume 18 No.2
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia No. 22 tahun 2016 tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta: Direktur Jenderal
Peraturan Perundang-Undangan Kementerian
Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik
Indonesia
Prihati, S. (2013). Dasar Teknologi Menjahit I.
Jakarta: Tim
Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta
Sutopo. (2008). Penerapan Model
Pembelajaran Algoritma-Heuristik
sebagai Upaya untuk Meningkatkan
Kualitas Pembelajaran Praktik
Pemesinan. Jurnal Pendidikan
Teknologi Kejuruan Volume 17 No.2
Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian
Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i6.13213
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1