PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POLA GAUN PESTA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK PIUS X MAGELANG
Widyabakti Sabatari, M.Sn, , Indonesia
Abstract
menggunakan adobe flashCS6 dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran membuat pola gaun
pesta menggunakan adobe flashCS6 pada siswa kelas XI SMK Pius X Magelang. Penelitian ini
menggunakanR&D model Borg & Gall. Validasi menggunkan judgement experts. Uji coba kelompok
kecil 5 siswa dan untuk uji coba kelompok besar 21 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian adalah: 1) Media pembelajaran membuat pola gaun malam menggunakan
adobe flash pada kelas XI SMK Pius X Magelang berhasil dikembangkan; 2) media pembelajaran
membuat pola gaun pesta menggunakan adobe flash dinyatakan layak. Uji coba skala kecil pada 5 siswa
memperoleh nilai 4,12 di semua aspek dengan klasifikasi sangat baik. Uji coba skala besar 21 siswa
menunjukkan aspek pembelajaran adalah 4,25, aspek isi materi 4,17 dan aspek media 4,49 termasuk
klasifikasi sangat baik. Dengan demikian media pembelajaran membuat pola gaun pesta sangat layak
digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: pengembangan media, pola gaun pesta, adobe flash CS6
DEVELOPING LEARNING MEDIA USING ADOBE FLASH CS6 FOR PARTY GOWN
PATTERNS FOR GRADE XI STUDENTS OF SMK PIUS X MAGELANG
Abstract
This study aimed to: 1) develop learning media using adobe flash CS6 for the making of party gown
patterns, and 2) investigate the appropriateness of learning media using adobe flash CS6 for the making of
party gown patterns for Grade XI students of SMK Pius X Magelang. This was an R&D study using Borg
& Gall’s model. The validation was conducted through expert judgment. The small-group tryout involved
5 students and the large-group tryout involved 21 students. The data were collected through observations,
interviews, and questionnaires. The data were analyzed by the quantitative descriptive statistics and the
qualitative technique. The results of the study were as follows. 1) The learning media using adobe flash
for the making of party gown patterns for Grade XI of SMK Pius X Magelang were developed. 2) The
learning media using adobe flash for the making of party gown patterns were appropriate. The smallgroup
tryout
involving
5
students
yielded
a
score
of
4.12
for
all
aspects,
which
was
very
good.
The
largegroup
tryout
involving
21 students yielded a score of 4.25 for the learning aspect, 4.17 for the materials
content aspect, and 4.49 for the media aspect, which were all very good. Therefore, the learning media for
the making of party gown patterns are very appropriate to be used as learning media.
Keywords: media development, party dress patterns, Adobe flash CS6
Full Text:
PDFReferences
Alessi, S.M., dan Trollip, S.R.
(2001).Multimedia For Learning:
Methods and Development (3rd Edition).
Boston: Allyn and Bacon.
Arief S. Sadiman, dkk. (2011). Media
Pendidikan, Pengertian, Pengembangan,
dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali
Press.
Ariesto Hadi Sutopo. (2003). Multimedia
Interaktif dengan Flash, Yogyakarta.
Pustaka Pelajar.
Arin Dwi Cahyamti. Pengembangan Media
Pembelajaran Modul Interaktif Berbasis
Adobe Flash Cs6 Pada Kompetensi Jurnal
Penyesuaian. Edisi 8:4
Azhar Arsyad. (2011). Media
Pembelajaran.Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada
Chodiyah & Wisri A. Mamdy. (1982). Desain
Busana untuk SMK/SMTK. Jakarta:
Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Dina Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu Media
Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press
(Anggota IKAPI).
Endang Mulyatiningsih. 2011. Metode
Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.
Bandung: Alfabeta.
Enny Zuhni Khayati. (1998). Pembuatan Busana
III. Yogyakarta: FPTK IKIP Yogyakarta.
Ghoswatun Nisa’. 2015. Efektivitas Penggunaan
Pola Kombinasi Dalam PembuatanBusana
Pesta Siswa Tata Busana SMK Syafi’i
Akrom Pekalongan. Vol. 2 No. 1:52
Madcoms. (2008). Panduan Lengkap Adobe
Flash Professional. Yogyakarta: Andi.
Paryanto. 2010. Penerapan Metode
Pembelajaran Kolaboratif Tipe Group
Investigation Untuk Meningkatkan
Pengembangan Media Pembelajaran.... (Pera Roganda Sinaga)
Kualitas Pembelajaran Teori Pemesinan
Dasar. Vol 19 No.2 : 173.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan
(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dab R
& D). Bandung: Alfabeta.
Tim Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian
Pengembangan.Pusat Bahasa
DepertemenPendidikan Nasional.
Jakarta: Balai Pustaka.
Wina Sanjaya. (2014). Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standart Proses
Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada
Media Group
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i5.11786
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1