PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA KOMPETENSI PEMBUATAN MACAM-MACAM KAMPUH SISWA KELAS X DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA
Dr. Emy Budiastuti, M. Pd., , Indonesia
Abstract
macam-macam kampuh siswa kelas X (2) Kompetensi pembuatan macam-macam kampuh dengan penerapan
metode pemberian tugas siswa kelas X. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan populasi penelitian siswa kelas X
tata busana sebanyak 24 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan
data menggunakan tes dan non tes. Validitas konstruk menggunakan Product Moment dengan hasil layak. Validitas
isi menggunakan judgement expert dengan hasil layak. Reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar
0,81 dan 0,92 dengan interpretasi sangat tinggi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.
Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan langkah kegiatan pendahuluan;penyampaian materi, kegiatan
inti;pemberian tugas dan pelaksanaan tugas oleh siswa, pembuatan catatan setelah penyelesaian tugas, kegiatan
penutup; tanya jawab, penilaian hasil pekerjaan siswa. Kompetensi pembuatan macam-macam kampuh dengan
penerapan metode pemberian tugas dalam kategori sangat tinggi, dengan mean sebear 84. Hal ini menunjukkan
semua siswa dapat dinyatakan kompeten dalam pembelajaran kopetensi pembuatan macam-macam kampuh.
Kata Kunci : metode pemberian tugas, macam-macam kampuh, SMK Karya Rini YHI Kowani
Yogyakarta
THE IMPLEMENTATION OF GIVING ASSIGNMENT METHOD TO THE COMPETENCY OF
VARIED SEAMS MAKING OF THE GRADE X STUDENTS OF SMK KARYA RINI YHI KOWANI
YOGYAKARTA
The aims of the study are knowing: (1) Implementation of giving assignment method application to the
competence of the varied seams making for grade X (2) Competence of the varied seams making by
applying the giving asignment method for grade X. The type of this study is descriptive with the
population are 24 of grade X fashion students. The saturation sampling was used in this study. Data
collection technique were test and non test. The construct using product moment with the result
appropriate. The content validity using judgement expert with the result appropriate. The reliability was
measured by using Alpha Cronbach formula. The result are 0.81 and 0.92 and those were interpreted as
very high. This study using descriptive analysis technique. The implementation of the learning process
was done with preliminary activity: the material teaching, main activities: the assignment giving to the
students, associating, networking which includes the note making after finishing the assignment. The
closing one which includes question and answer and assesment of the students product. The competence
of the varied seams making by applying the giving assignment method is categorized as very high
indicated by the mean score that is 84.This showed that all of the students can be stated as being
competent in the competence of varied seams making learning process.
Keywords: giving assignment method, the variety of seam, SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke
Cipta.
Dwijanti,dkk. 2013. Modul Dasar Teknologi
Menjahit II. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Fitri Arfika. 2014. Penerapan Media Berbasis
Video Tutorial Untuk Meningkatkan hasil
Penerapan Metode Pemberian.... (Aprilia Tri Ambarwati)
Belajar Membuat Kampuh Siswa Kelas X
SMK Negeri 1 Stabat. Jurnal Pendidikan
Tata Busana Hal. 30
Majid,Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran.
Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Paryanto. 2010. Penerapan Metode
Pembelajaran Kolaboratif Tipe Group
Investigation Untuk Meningkatkan
Kualitas Pembelajaran Teori Pemesinan
Dasar. JPTK Vol 19 No.2 : 173.
Siska Prawati. 2014. Penerapan Metode
Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran
IPS Pada Siswa Kelas V SDN No 1
Pangalasiang. Jurnal Kreatif Tadulako
Online. Vol 4 No. 1 : 6
Sutriani, dkk. 2014. Penerapan Metode
Pemberian Tugas untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Pada Materi Penjumlahan
Dan Pengurangan Pecahan di Kelas V
SDN 2 Bukit Harapan. Jurnal Kreatif
Tadulako Online. Vol 4 No. 1 : 22
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian pedidikan
pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta
Wancik, Muhamad Hamzah. 2006. Bina Busana
Pelajar Menjahit Pakaian Wanita.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Widihastuti, 2007. Pencapaian Standar
Kompetensi Siswa SMK Negeri Program
Keahlian Tata Busana di Kota
Yogyakarta dalam Pembelajaran dengan
KBK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan
Kejuruan. Vol. 16, No. 2: 236
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i5.11782
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1