HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENJAHIT KERAH KEMEJA SECARA INDUSTRI PADA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 3 MAGELANG

Eka Fitriyani, , Indonesia
Sri Emy Yuli Suprihatin, M. Si, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui minat belajar siswa pada menjahit kerah kemeja secara
industri, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada menjahit kerah kemeja secara industri, (3)
membuktikan adanya hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar pada menjahit kerah kemeja
secara industri kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian
korelasional.Sampel penelitian sebanyak 82 siswa ditentukan dengan teknik Proportional Random
Sampling. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan validasi konstruk. Pengumpulan
data dilakukan dengan instrumen lembar angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat belajar
siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang berdasarkan mean sebesar 53,94 berada dalam
kategori sedang dengan persentase 70%, (2) hasil belajar siswa menjahit kerah kemeja secara industri
berdasarkan acuan nilai KKM 75 dengan mean sebesar 73,13 berada dalam kategori tidak kompeten
dengan presentase 55%, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar (X) dengan
Hasil belajar (Y) menjahit kerah kemeja secara industri kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 3
Magelang dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai r
hitung
  lebih besar dari r
tabel
 (0,606 > 0,217).

Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Menjahit Kerah Kemeja


 THE RELATIONSHIP OF LEARNING INTEREST AND LEARNING RESULTS OF
INDUSTRIAL SHIRTS’ COLLARS SEWING OF GRADE XI STUDENTS MAJORING IN
FASHION AT SMK NEGERI 3 MAGELANG  

ABSTRACT
The purpose of this study is to: (1) know the students' learning interest in sewing shirts’ collars
industrially, (2) to know the learning result of students on industrial shirts’ collars sewing, (3) to
prove the relationship between the learning interest and the learning results on industrial shirts’
collars sewing of Grade XI Fashion students of SMK Negeri 3 Magelang. This research is a
correlational study. The population was all students of Grade XI of SMK Negeri 3 Magelang majoring
in fashion on sewing shirts’ collars industrially consisting of 101 students. The sample size of 82
students was determined by using Proportional Random Sampling technique. The instrument validity
was conducted with content and construct validation. The data collection was done by distributing
questionnaires and as documentation. The data analysis technique used was Product Moment
correlation. The result of the research shows that: (1) the interest of students in Grade XI of SMK
Negeri 3 Magelang majoring in Fashion based on mean is equal to 53,94 and is in medium category
with the percentage of 52%, (2) the result of student learning of industrial shirts’ collars sewing based
on minimum requirement score of 75 with the mean equal to 73,13 which is in not competent category
with percentage of 55%, (3) there is positive and significant correlation between learning interest (X)
with the learning result (Y) industrial sewing shirts’ collars in industry of Grade XI students majoring
in fashion at SMK Negeri 3 Magelang with 5% significance level obtained rth value greater than
rtabel (0,606> 0,217).

Keywords: learning interest, learning results, sewing shirts’ collars


Full Text:

PDF

References


Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan.

Jakarta : Rineka Cipta

Darsono. (2000). Belajar dan Pembelajaran.

Semarang : IKIP Press

Dimyati, Mahmud. (1989). Pskylogi

Pendidikan. Yogyakarta : IKIP

Yogyakarta.

Djamarah, Bahri. (2002). Psikologi Belajar.

Jakarta : PT. Rineka Cipta

Eko Mulyadi. (2015). Penerapan Model

Project Learning untuk

Meningkatkan Kinerja dan Prestasi

Belajar Fisika Siswa SMK.

Yogyakarta. JPTK vol.22, nomor 4,

Oktober 2015 : Fakultas Teknik

UNY

Mulyasa.(2014). Pengembangan dan

Implementasi Kurikulum 2013.

Bandung : PT.

Oemar Hamalik. (2004). Proses Belajar

Mengajar. Balai Pustaka : Bandung

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor – Faktor

yang Mempengaruhinya. Jakarta:

PT.Rineka Cipta

Sudjana. (2009). Metode Statistik. Bandung :

Tarsito

Suparman. (2014). Peningkatan Kemandirian

Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa

Mata Kuliah Elektronika Analog

dengan Pembelajaran PLB.

Yogyakarta. JPTK vol.22, nomor 1,

Mei 2014 : Fakultas Teknik UNY

Remaja Rosdakarya.

Tohirin.(2008). Psikologi Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam. Jakarta : PT. Raja

Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i4.11767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1