PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA DASAR SISTIM SOEN DI SMK INFORMATIKA WONOSOBO

Dwi Kusuma Wardani, , Indonesia
Kapti Asiatun, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan saintifik
terhadap pencapaian kompetensi pembuatan pola dasar siswa kelas X tata busana di SMK Informatika
Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tipe quasi eksperiment, dan desain
eksperimen yang digunakan non equivalent pretest dan posttest control group design. Pengambilan sampel
menggunakan teknik non probability sampling, berupa sampel jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X Tata Busana di SMK Informatika Wonosobo berjumlah 60 siswa dan seluruh jumlah
populasi di jadikan sampel, sampel penelitian yaitu 30 siswa kelas X TB1 dan 30 siswa kelas X TB2.
Validitas instrumen dibuktikan dengan analisis validitas konstruk dan reliabilitas instrumen dengan rumus
alfa cronbach menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif
untuk mengetahui gambaran data yang diperoleh serta analisis inferensial dengan uji-t independent sample t
test. Hasil penelitian menunjukkan: Ada pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap pencapaian
kompetensi pembuatan pola dasar siswa kelas X Tata Busana di SMK Informatika Wonosobo, yang
dibuktikan dari hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (2,955 > 2,001) dan
probability = 0,005< 0,05 pada tingkat kepercayaan 95% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima

Kata kunci: Pengaruh, Pendekatan Saintifik, Pembuatan Pola Dasar, SMK
 
THE INFLUENCE OF THE APPLICATION SCIENTIFIC APPROACH  TO
THE ACHIEVEMENT OF THE COMPETENCE OF THE MAKING BASIC
PATTERN OF THE SOEN SYSTEM IN INFORMATICS VOCATIONAL HIGH
SCHOOL WONOSOBO
ABSTRACT
This research aims to find out: to knowing whether or not there is influence of the application of  
scientific approach to achievement of the basic pattern making competence ininformatics vocational high
school Wonosobo. This was a quasi experimental study using the non equivalent pretest and posttest control
group design. The sample was selected by means of the probability sampling technique, namely the sample
saturated. The research population comprised Grade X students of Fashion Design in Informatics VHS
Wonosobo with a total of 60 students and all of the student be the sample of this research. The instrument
validity was assessed in terms of the construct validity and the instrument reliability was alfa cronbach
formula and assessed by SPSS. The data were analyzed by the descriptive technique and the inferential
technique using the independent sample t-test.The results of the study were as follows. There was an
influence of the application of scientific approach to achievement of the basic pattern making competence of
the soen system in informatics vocational high school Wonosobo, indicated by the results of the independent
test samples t-test with tobserved > t-table (2.954 > 2.001) and probability = 0.005 < 0.05 at step trust 95%
so that Ho was rejected and Ha was accepted
Keywords: Influence, Scientific Approach, Basic Pattern Making, VHS


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2014). Konsep dan model

pengembangan kurikulum. Bandung :

Remaja rosdakarya.

Abdul, M. & Chaerul, R. (2014). Pendekatan

ilmiah dalam implementasi kurikulum

Bandung : Remaja rosdakarya.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran

Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta

: GAVA MEDIA.

Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana Jilid 3,

Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen

Pendidikan Nasional

Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan

Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan

Kontekstual dalam Pembelajaran Abad

kunci sukses implementasi

kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia

Indonesia.

Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum

dalam Pembelajaran

Pengaruh Penerapan Pendekatan (Dwi Kusuma Wardani) 1

SD/MI,SMP/MTS, & SMA/MA.

Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran

Mengembangkan Profesionalisme

Guru. Jakarta : Rajawali Pers

Setyaningrum, Y. & Husamah. (2013). Desain

Pembelajaran Berbasis Pencapaian

Kompetensi. Panduan Merancang

Pembelajaran untuk Mendukung

Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:

Prestasi Pustaka.

Sugiyono. (2015). Statistka Untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta.

TIM Pengembang MKDP. (2013). Kurikulum

dan Pembelajarannya. Jakarta :

Rajawali Pers.

Widihastuti. (2007). Pencapaian Standar

Kompetensi Siswa SMK Negeri

Program Keahlian Tata Busana di

Yogyakarta dalam Pembelajaran

dengan KBK. Jurnal Pendidikan

Teknologi dan Kejuruan. (Nomor 2

Tahun 16). Hlm. 235




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i3.11702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1