PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA DASAR BADAN WANITA SISTEM PRAKTIS UNTUK SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK DIPONEGORO DEPOK YOGYAKARTA

Agnes Fahriana, , Indonesia
Sri Emy Yuli Suprihatin, M. Si, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan video pembelajaran pembuatan pola dasar badan
busana wanita sistem praktis siswa kelas X tata busana di SMK Diponegoro; 2) mengetahui kelayakan video
pembelajaran pembuatan pola dasar badan busana wanita sistem praktis siswa kelas X tata busana di SMK
Diponegoro. Jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D dengan
tahapan; (1) analisis; (2) perencanaan; (3) pengembangan; (4) penyebaran. Penelitian ini menggunakan
Validitas Konstruk dan Reliabilitas Konsistensi Internal. Instrumen penelitian dipertimbangan oleh expert
judgment. Hasil penelitian dan pengembangan adalah : 1) Menghasilkan produk media video pembelajaran
pembuatan pola dasar badan wanita sistem praktis; 2) Kelayakan media video pembelajaran dengan rerata 22
dengan  kategori layak, dari ahli materi 22 dengan kategori layak. Uji coba terbatas pada kelompok kecil
dengan kategori layak dengan revisi. Uji coba kelompok besar dengan kategori sangat layak (100%) tanpa
revisi. Berdasarkan hasil tersebut maka video pembelajaran pembuatan pola dasar badan wanita sistem
praktis layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta
Kata Kunci : Video Pembelajaran, Pola Dasar Wanita, Siswa SMK
 
DEVELOPING A LEARNING VIDEO FOR THE MAKING OF BASIC BODICE PATTERN
FOR WOMEN USING THE PRACTICAL SYSTEM FOR GRADE X STUDENTS OF
FASHION DESIGN OF SMK DIPONEGORO DEPOK, YOGYAKARTA
ABSTRACT
 
This study aimed to: 1) develop a  learning video for the making of basic bodice patterns for women’s
clothes using the practical system for grade x students of fashion design of Diponegoro VHS, and 2)
investigate the appropriateness of the developed video.  This was a research and development study using
the 4D development model with consist of step: (1) analysis, (2) planning, (3) development, and (4)
dissemination. This study used construct validity and internal consistency reliability. Instruments of the
research were assessed through expert judgment. The results of the research and development were as
follows: 1) the product was video as media for the learning of basic bodice patterns for women using the
practical system. 2) regarding the appropriateness of the earning score from the media expert was 22, which
was appropriate, from the materials expert was 22, which was appropriate. The result of the small-group
tryout showed appropriateness with revision. The result of the large-scale tryout showed high
appropriateness (100%) without revision. Based on the result, the developed learning video for basic bodice
patterns for women using the practical system was appropriate to be used as learning media at Diponegoro
VHS of Depok, Yogyakarta.  

Keywords: Learning Video, Basic Patterns for Woman, VHS Student

Full Text:

PDF

References


Susilana, R. & Riyana, C. (2009). Media

Pembelajaran: Hakikat,

Pengembangan, Pemanfaatan dan

Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima

Sanaky, H. (2015). Media Pembelajaran

Interaktif-Inovatif. Yogyakarta:

Kaukaba Dipantara.

Darmadi, H (2011). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Penerbit

Alfabeta.

Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian dan

Statistik. Bandung: PT Remaja

Rosdakanya Offset.

Kustandi, C. & Sutjipto, B. (2011). Media

Pembelajaran. Bogor : Ghalia.

Indonesia.

Muhammad Munir. 2013. Analisis

pengembangan media pembelajaran

pengolah Angka (spreadsheet) berbasis

video screencast. Jurnal Pendidikan

Teknologi dan Kejuruan. Vol 21 No.

: 308

Pengembangan Video Pembelajaran.... (Agnes Fahriana) 14

Mulyasa. E. (2003). Kurikulum Berbasis

Kompetensi;Konsep,Karakteristik dan.

Implementasi. Bandung: PT Remaja

Rosda Karya

Hamalik, O. (1995). Kurikulum dan

Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i3.11700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1