PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN KEMEJA MATA PELAJARAN PBI SISWA KELAS XI DI SMKN 3 KLATEN
Sri Yuli Suprihatin, M. Si, , Indonesia
Abstract
kemeja yang layak untuk pembelajaran. Jenis penelitian R&D menggunakan model pengembangan
Borg&Gall disederhanakan Tim Puslitjaknov : 1) analisis kebutuhan produk, 2) pengembangan
produk awal, 3) validasi ahli,revisi, 4) uji skala kecil revisi 5) uji skala besar, produk akhir. Subjek
penelitian 2 ahli materi dan bahan ajar, uji skala kecil 10 siswa, uji skala besar 32 siswa, menggunakan
validitas isi yang dinyatakan layak. Reliabilitas Cohen’sKappa hasil 0,785 kategori kuat. Hasil
penelitian research awal: memperoleh data bahwa siswa membutuhkan modul dengan hasil 62,5% 2)
Hasil pengembangan produk awal : membuat modul sesuai draft, validasi ahli dan revisi kategori
layak, uji skala kecil mean 267 kategori sangat layak, uji skala besar mean 269 kategori sangat layak.
Hasil akhir modul pembuatan kemeja layak digunakan di SMKN 3 Klaten.
Kata kunci: Pengembangan Modul, Kelayakan Modul, Kemeja
DEVELOPING A SHIRT-MAKING MODULE FOR THE SUBJECT PBI
FOR STUDENTS OF GRADE XI PUBLIC VHS 3 OF KLATEN
This study: 1) Develop a shirt making module 2) Know the appropriateness a shirt making
module for lesson. This was a R&D study used Borg&Gall simplified by Puslitjaknov team: 1) product
needs analysis, 2) preliminary product development, 3) expert validation and revision, 4) small-scale
tryout, and 5) large scale tryout and final product. The subjects consisted of 2 learning material
expert, 10 students for the small-scale tryout.32 students for the large-scale tryout, validity was
assessed in the terms of the content validity otherwise feasible. The results of initial development
research : obtain data that students need module with results 62, 5%, 2) The product development
result: a shirt a-making module according draft, expert validation and revision of feasible category,
small scale test mean 267 categories is very feasible. The end of the shirt making module is feasible to
use in Public Vhs 3 of Klaten.
Full Text:
PDFReferences
Andi Prastowo. (2011). Metode Penelitian
Kuanlitatif dalam Perspektif
Rancangan Penelitiam. Jogjakarta:
Ar-Ruzz Media
Andi Prastowo. (2013). Panduan Kreatif
Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Yogyakarta: Diva Press
Budiastuti E.dkk (2014).“Pengembangan
Instrumen Self Assessment Pada
Praktik Menjahit Rok Berfuring”,
Jurnal Pendidikan Teknik
Kejuruan. Volume 22. No. 1
Daryanto. (2013). Menyusun Modul.
Yogyakarta: Gava Media
Ernawati, I & Weni,N. (2008). Tata Busana
nd
.ed. Jakarta: Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah
Kejuruan
S. Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan
dalam Proses Belajar Mengajar.
Jakarta: PT Bumi Aksara
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung:Alfabeta.
Tim Puslitjaknov. (2008). Metode
Penelitian Pengembangan.
Jakarta: Pusat
Penelitian Kebijakan Dan Inovasi
Pendidikan Badan Penelitian Dan
Pengembangan Departemen
Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i3.11696
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1