PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS SERAT TEKSTIL BUATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Bangkit Tri Fatmawati, , Indonesia
Dr. Widihastuti Dr. Widihastuti, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitan ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran jigsaw yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa serta mampu membuat partisipasi siswa menjadi aktif dalam bertanya
dan berpendapat pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil pada kompetensi menganalisis serat
tekstil buatan kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta.  Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang desain siklusnya menggunakan model dari Kemmis dan Taggart. Pembuktian
validitas instrumen menggunakan validitas konstruk yaitu meminta pertimbangan dosen pembimbing
dan guru lalu melakukan uji empirik dan pembuktian reliabilitas menggunakan rumus KR 20. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah penerapan
model pembelajaran jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta mampu membuat partisipasi
siswa menjadi aktif dalam bertanya dan berpendapat pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil
pada kompetensi menganalisis serat tekstil buatan kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta.  

Kata kunci: Hasil Belajar, Pengetahuan Bahan Tekstil, Jigsaw

 

 

This study aimed to apply the jigsaw learning model that can improve students’ learning and to
made students actively participate in asking and expressing opinions in the subject of textile materials
knowledge on the competence of analyzing synthetic textile fibers for Grade X of Fashion Design of
Public VHS 4 of Yogyakarta. This was a classroom action research study with the cycle design using
Kemmis and McTaggart’s model. The data were collected by multiple choice tests and documentation.
The validity of the instrument using the validity of the construct is to ask the consideration of supervisor
and teacher then perform empirical test and the reliability was assessed by  KR 20 technique. The results
of the study were as follows the jigsaw learning model that can improve students’ learning and to made
students actively participate in asking and expressing opinions in the subject of textile materials
knowledge on the competence of analyzing synthetic textile fibers for Grade X of Fashion Design of
Public VHS 4 of Yogyakarta.

Keywords: Learning Outcomes, Textile Materials Knowledge, Jigsaw




Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1992). Prosedur Penelitian: Suatu

Pendekatan Praktik (revisi VI). Jakarta:

Rineka Cipta.

Crocker, L. M. & Algina, J. (1986). Introduction

to Classical and Modern Test Theory. New

York: Holt, Rinehart and Winston.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik

Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang:

Sistem Pendidikan Nasional. Diambil pada

tanggal 21 Agustus 2017, dari

http://sindikker.dikti.go.id.

Kusumah, W. & Dwitagama, D. (2010). Mengenal

Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT

Indeks.

Nitko,Anthony J. (1996). Educational Assesment

of Student, Second Edition. New Jersey:

Englewood Cliffs.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22

Tahun 2006 tentang Standar Isi pada

Pendidikan Dasa dan Menengah. Jakarta:

Tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i2.10772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1