PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS SERAT TEKSTIL BUATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA
Dr. Widihastuti Dr. Widihastuti, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitan ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran jigsaw yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa serta mampu membuat partisipasi siswa menjadi aktif dalam bertanya
dan berpendapat pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil pada kompetensi menganalisis serat
tekstil buatan kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang desain siklusnya menggunakan model dari Kemmis dan Taggart. Pembuktian
validitas instrumen menggunakan validitas konstruk yaitu meminta pertimbangan dosen pembimbing
dan guru lalu melakukan uji empirik dan pembuktian reliabilitas menggunakan rumus KR 20. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah penerapan
model pembelajaran jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta mampu membuat partisipasi
siswa menjadi aktif dalam bertanya dan berpendapat pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil
pada kompetensi menganalisis serat tekstil buatan kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pengetahuan Bahan Tekstil, Jigsaw
This study aimed to apply the jigsaw learning model that can improve students’ learning and to
made students actively participate in asking and expressing opinions in the subject of textile materials
knowledge on the competence of analyzing synthetic textile fibers for Grade X of Fashion Design of
Public VHS 4 of Yogyakarta. This was a classroom action research study with the cycle design using
Kemmis and McTaggart’s model. The data were collected by multiple choice tests and documentation.
The validity of the instrument using the validity of the construct is to ask the consideration of supervisor
and teacher then perform empirical test and the reliability was assessed by KR 20 technique. The results
of the study were as follows the jigsaw learning model that can improve students’ learning and to made
students actively participate in asking and expressing opinions in the subject of textile materials
knowledge on the competence of analyzing synthetic textile fibers for Grade X of Fashion Design of
Public VHS 4 of Yogyakarta.
Keywords: Learning Outcomes, Textile Materials Knowledge, Jigsaw
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (1992). Prosedur Penelitian: Suatu
Pendekatan Praktik (revisi VI). Jakarta:
Rineka Cipta.
Crocker, L. M. & Algina, J. (1986). Introduction
to Classical and Modern Test Theory. New
York: Holt, Rinehart and Winston.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang:
Sistem Pendidikan Nasional. Diambil pada
tanggal 21 Agustus 2017, dari
http://sindikker.dikti.go.id.
Kusumah, W. & Dwitagama, D. (2010). Mengenal
Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT
Indeks.
Nitko,Anthony J. (1996). Educational Assesment
of Student, Second Edition. New Jersey:
Englewood Cliffs.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22
Tahun 2006 tentang Standar Isi pada
Pendidikan Dasa dan Menengah. Jakarta:
Tidak diterbitkan.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i2.10772
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1