PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PENYELESAIAN DESAIN BUSANA SECARA KERING KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK N 4 SURAKARTA

Haniatur Rosyidah, , Indonesia
Triyanto Triyanto, M.A, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan multimedia interaktif penyelesaian desain busana
secara kering; 2) Mengetahui kelayakan multimedia interaktif penyelesaian desain busana secara kering. Jenis
penelitian yaitu penelitian pengembangan model 4D oleh Thiagarajan. Subjek penelitian 40 siswa. Metode
pengumpulan data: observasi, wawancara, angket. Validitas konstruk dengan rerata aspek media 0,793, aspek
materi 0,772, aspek fungsi 0,788 sehingga dinyatakan valid. Reliabilitas Alpha Cronbach dengan hasil 0,956 yaitu
sangat reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian: 1. Pengembangan
multimedia interaktif penyelesaian desain busana secara kering: a) Define meliputi analisis awal, kurikulum,
karakteristik, materi, merumuskan tujuan; b) Design meliputi pembuatan flowchart, storyboard; c) Develop
meliputi: 1) expert appraisal yaitu validasi ahli materi dengan nilai 54, ahli media dengan 93,5 dalam kategori
sangat layak; 2) Develomental testing uji skala kecil dengan nilai 89,9, uji skala besar dengan 86,3 dalam kategori
sangat layak; 2. Kelayakan multimedia interaktif penyelesaian desain busana secara kering termasuk dalam
kategori sangat layak sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
 
Kata kunci: pengembangan, multimedia interaktif, penyelesaian kering

 

This study aimed to: 1) develop interactive multimedia for dry finishing of clothing designs; 2) investigate
the appropriateness of the developed interactive multimedia. This was a research and development study, the 4D
development model by Thiagarajan. The research subjects 40 students. The data were collected: observations,
interviews, questionnaires. Construct validity with The mean score of the media aspect  0.793, that of the materials
aspect 0.772, that of the functional aspect 0.788 so that the instruments were valid. The reliability Cronbach’s
Alpha with a coefficient of 0.956, which was very reliable. The data analysis technique was the quantitative
descriptive analysis technique. The results of the research: 1. Develop interactive multimedia for dry finishing of
clothing designs: a) the define including preliminary analysis, curriculum, characteristic, material,  formulation;
b) the design, including making flowchart, storyboard; c) the develop, including: 1)  expert appraisal, with a score
of 54 by the materials expert, a score of 93.5, which was very appropriate, from the validation by the media expert;
(2) developmental testing, consisting of a small-scale  with a score of 89.9, a large-scale with a score of 86.3,
which was very appropriate. 2. The interactive multimedia for dry finishing of clothing designs based on the results
of the validation of the experts, small-scale, and large-scale is very appropriate so that it can be used in learning.

Keywords: development, interactive multimedia, dry finishing 

 


Full Text:

PDF

References


Asyar, R.(2012). Kreatif Mengembangkan Media

Bestari, A.G. (2011). Menggambar Busana

Dengan Teknik Kering. Yogyakarta :

KTSP/05/2011.

Daryanto. (2010). Media pembelajaran

(peranannya sangat penting dalam

mencapai tujuan pembelajaran).

Yogyakarta : Gava Media

Mulyaningsih, E. (2012). Riset Terapan Bidang

Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY

Press.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta

Selatan: REFERENSI

Munir, M. (2014). Pengembangan Media

Pembelejaran Interaktif Kompetensi Dasar

Register Berbasis Inkuiri Terbimbing.

Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan. Vol. 22, No. 2 : 184

Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Sukoco, dkk. (2014). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis

Komputer Untuk Peserta Didik Mata

Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan.

Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan.Vol. 22, No. 2 : 220

Suyitno, (2016). Pengembangan Multimedia

Interaktif Pengukuran Teknik Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK.

Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan.Vol. 23, No. 1 : 102




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i2.10614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1