PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN POLA ROK SECARA KONSTRUKSI UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 DLING

Nur Ismiyati, , Indonesia
Widyabakti Sabatari, M.Sn, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan modul pembuatan pola rok
secara konstruksi dilihat dari expert, user dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research &
Development) model pengembangan Borg & Gall yang dikembangkan oleh Tim Puslitjaknov. Tahapan
penelitian meliputi 1) analisa kebutuhan, 2) pengembangan produk, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji
kelompok kecil dan revisi, 5) uji kelompok besar dan produk akhir. Subjek penelitian 23 siswa kelas X
SMK Negeri 1 Dlingo. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan reliabilitas Alpha Cronbach. Teknik
penggumpulan data menggunakan 2 jenis angket, yaitu skala Guttman dan skala Likert. Teknik analisis data
statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembuatan pola rok secara konstruksi
berhasil dikembangkan melalui penelitian R&D model pengembangan Borg & Gall yang dikembangkan
oleh tim Puslitjaknov dan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran pembuatan pola busana oleh
expert, user dan siswa.
Kata kunci: modul, pembuatan pola rok, sistem konstruksi

 

This study aimed to produce and investigate the appropriateness of a module for skirt pattern
making with construction according to experts, users and students. This was a research and
development (R&D) study using Borg & Gall’s development model developed by a team at the
Center for Policy and Innovation Studies. The research stages included: 1) needs analysis, 2)
product development, 3) expert validation and revision, 4) small-group tryout and revision, and 5)
large-group tryout and final product. The research subjects were 23 students of Grade X of SMK
Negeri 1 Dlingo. The study used the content validity and Cronbach’s Alpha reliability. The data
were collected by two types of questionnaires, namely the Guttman scale and Likert scale. The data
were analyzed by descriptive statistics. The results showed that the module for skirt pattern making
with construction was successfully developed through an R&D study using Borg & Gall’s
development model developed by a team at the Center for Policy and Innovation Studies was
appropriate to be used in the learning of the fashion pattern making according to experts, users,
and students.
Keywords: module, skirt pattern making, construction system


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta:

PT. Raja Grasindo Persada.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar

untuk Persiapan Guru dalam Mengajar).

Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Pengembangan Modul Pembuatan .... (Nur Ismiyati)

Marpadi, D. (2012). Pengukuran Penilaian dan

Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha

Medika.

Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam

Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi

Aksara Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa.

Sanaki, H.A.H. (2011). Media Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Pedoman Penyusunan Tugas Akhir

Skripsi Fakultas Teknik Universitas Negeri

Yogyakarta. (2016). Pedoman Tugas Akhir

Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik

Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Pulsitjaknov. (2008). Metode Penelitian

Pengembangan. Jakarta : Pusat Penelitian

Kebijakan dan Inovasi Pendidikan.

Widihastuti. (2007). Efektivitas Pelaksanaan KBK

pada SMK dan Program Keahlian Tata

Busana di Kota Yogyakarta Ditinjau dari

Pencapaian Standar Kompetensi. Tesis. FTUNY




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i2.10567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1