PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN POLA ROK SECARA KONSTRUKSI UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 DLING
Widyabakti Sabatari, M.Sn, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan modul pembuatan pola rok
secara konstruksi dilihat dari expert, user dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research &
Development) model pengembangan Borg & Gall yang dikembangkan oleh Tim Puslitjaknov. Tahapan
penelitian meliputi 1) analisa kebutuhan, 2) pengembangan produk, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji
kelompok kecil dan revisi, 5) uji kelompok besar dan produk akhir. Subjek penelitian 23 siswa kelas X
SMK Negeri 1 Dlingo. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan reliabilitas Alpha Cronbach. Teknik
penggumpulan data menggunakan 2 jenis angket, yaitu skala Guttman dan skala Likert. Teknik analisis data
statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembuatan pola rok secara konstruksi
berhasil dikembangkan melalui penelitian R&D model pengembangan Borg & Gall yang dikembangkan
oleh tim Puslitjaknov dan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran pembuatan pola busana oleh
expert, user dan siswa.
Kata kunci: modul, pembuatan pola rok, sistem konstruksi
This study aimed to produce and investigate the appropriateness of a module for skirt pattern
making with construction according to experts, users and students. This was a research and
development (R&D) study using Borg & Gall’s development model developed by a team at the
Center for Policy and Innovation Studies. The research stages included: 1) needs analysis, 2)
product development, 3) expert validation and revision, 4) small-group tryout and revision, and 5)
large-group tryout and final product. The research subjects were 23 students of Grade X of SMK
Negeri 1 Dlingo. The study used the content validity and Cronbach’s Alpha reliability. The data
were collected by two types of questionnaires, namely the Guttman scale and Likert scale. The data
were analyzed by descriptive statistics. The results showed that the module for skirt pattern making
with construction was successfully developed through an R&D study using Borg & Gall’s
development model developed by a team at the Center for Policy and Innovation Studies was
appropriate to be used in the learning of the fashion pattern making according to experts, users,
and students.
Keywords: module, skirt pattern making, construction system
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta:
PT. Raja Grasindo Persada.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar
untuk Persiapan Guru dalam Mengajar).
Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Pengembangan Modul Pembuatan .... (Nur Ismiyati)
Marpadi, D. (2012). Pengukuran Penilaian dan
Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha
Medika.
Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam
Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi
Aksara Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa.
Sanaki, H.A.H. (2011). Media Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Pernada Media Group.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun Pedoman Penyusunan Tugas Akhir
Skripsi Fakultas Teknik Universitas Negeri
Yogyakarta. (2016). Pedoman Tugas Akhir
Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik
Universitas Negeri Yogyakarta.
Tim Pulsitjaknov. (2008). Metode Penelitian
Pengembangan. Jakarta : Pusat Penelitian
Kebijakan dan Inovasi Pendidikan.
Widihastuti. (2007). Efektivitas Pelaksanaan KBK
pada SMK dan Program Keahlian Tata
Busana di Kota Yogyakarta Ditinjau dari
Pencapaian Standar Kompetensi. Tesis. FTUNY
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i2.10567
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1