PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAKTIK SULAM PITA PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB GANDA DAYA ANANDA YOGYAKARTA

Bernavita Karina Kusumasari, , Indonesia
Dr. Widihastuti Widihastuti, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan, meningkatkan, dan membuktikan media flip chart
mampu meningkatkan kompetensi praktik sulam pita pada siswa tunagrahita ringan di SLB G Daya
Ananda Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa
tunagrahita ringan SLB G Daya Ananda Yogyakarta sebanyak 2 siswa. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media flip chart dapat
membantu subjek lebih konsentrasi pada materi yang diajarkan, mampu dan mau mengutip motif, mampu
menyelesaikan tepat waktu, ukuran motif sesuai desain, motivasi belajar besar; (2) kompetensi praktik
sulam pita siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 51,14; meningkat sebesar
sebesar 67,05 pada siklus I ; dan pada siklus II meningkat kembali sebesar 75,57; dan (3) hal ini
membuktikan bahwa media flip chart terbukti dapat meningkatkan kompetensi praktik sulam pita pada
siswa tunagrahita ringan di SLB G Daya Ananda Yogyakarta.

Kata Kunci: flip chart, kompetensi praktik sulam pita, siswa tunagrahita ringan

 

ABSTRACT
This study aims to apply, improve, and prove the media flip chart is able to improve the
competence of ribbon embroidery practice in light tunagrahita students in SLB G Daya Ananda
Yogyakarta. This research is a Classroom Action Research. The subjects of the study were light tunagrah
students of SLB G Daya Ananda Yogyakarta as many as 2 students. Methods of data collection using
observation, interviews, and performance tests. Data analysis technique using quantitative descriptive
analysis. The results showed that (1) the use of flip chart media can help the subject more concentration
on the taught material, able and willing to trace the motif, able to finish on time, the size of the motif
according to the design, the motivation to learn big; (2) the competence of the ribbon embroidery
practice of students has increased the average value on pre-action by 51, 14; in cycle I of 67,05; and in
cycle II of 75,57; and (3) the use of flip chart media proved to improve the competence of ribbon
embroidery practice in light tunagrahita students in SLB G Daya Ananda Yogyakarta.

Keywords: flip chart, competence practice ribbon embroidery, students with mild mental retardation

 


Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri dkk. 2008. Strategi Pembelajaran

di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran.

Bandung: Sarana Tutorial Nurani

Sejahtera.

Indriana, Dina . 2011. Ragam Alat Bantu

Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva

Press.

Penggunaan Media Flip ………( Bernavita Karina Kusumasari) 11

Mumpuniarti. 2007. Pendekatan

Pembelajaran Bagi Anak Hambatan

Mental. Yogyakarta: Kanwa

Publisher.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharmini, Tin. 2009. Psikologi Anak

Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta:

Kanwa. Publisher.

Susilana dan Riyana. 2009. Media

Pembelajaran: Hakikat,

Pengembangan, Pemanfaatan, dan

Penilaian. Bandung: CV Wacana

Prima.

Wantah, J. Maria. 2007. Pengembangan

Kemandirian Anak Tunagrahita

Mampu Latih. Jakarta: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i2.10566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1