ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR KOMPETENSI PEMBUATAN BELAHAN DUA LAJUR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT SISWA KELAS X SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA

Ayu Fajriani Shidqi, , Indonesia
Sri Emy Yuli S., M.Si, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
(1) kesulitan belajar yang dialami siswa dalam
kompetensi pembuatan belahan dua lajur pada mata pelajaran teknologi menjahit siswa kelas X
di SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta ditinjau dari a) aspek afektif b) aspek kognitif c)
aspek psikomotorik; (2) faktor kesulitan belajar kompetensi
belahan dua lajur yang paling dominan
pada mata pelajaran teknologi menjahit siswa kelas X di SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta
dari a) aspek afektif b) aspek kognitif c) aspek psikomotorik.
Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga Oktober 2017 yang bertempat di
SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X
sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala guttman. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
kesulitan belajar yang dialami siswa adalah sebagai berikut: pada aspek afektif siswa yang
mengalami kesulitan sebanyak 16 siswa (64%) dengan kategori sulit, pada aspek kognitif siswa yang
mengalami kesulitan sebanyak 17 siswa (68%) dengan kategori sangat sulit dan aspek psikomotorik
siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 17 siswa (68%) dengan kategori sangat sulit (2) faktor yang
paling dominan kesulitan belajar kompetensi pembuatan belahan dua lajur adalah aspek kognitif dan
aspek psikomotorik.
Kata kunci : Analisis, kesulitan belajar, belahan dua lajur

 

AN ANALYSIS OF LEARNING DIFFICULTY FACTORS IN THE COMPETENCY IN TWOPIECE
PLACKET
MAKING
IN
THE
SEWING
TECHNOLOGY
SUBJECT
AMONG
GRADE

X
STUDENTS
OF
SMK
KARYA
RINI
YHI
KOWANI
YOGYAKARTA

Abstract

This study aims to determine: (1) learning difficulties experienced by students in the competence of
making two-lane hemispheres on the subjects of sewing technology of X class students in SMK Karya
Rini YHI Kowani Yogyakarta viewed from: a) Affective aspects, b) cognitive aspects, and c )
Psychomotor aspects; and (2) the most dominant factors of learning difficulties of two-lane
competency learning on the subjects of sewing technology of grade X students at SMK Karya Rini
YHI Kowani Yogyakarta from: a) Affective aspects, b) Cognitive aspects, and c) Psychomotor
aspects. This research is a descriptive research. This research was conducted in October 2017 located
at SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta. The population is student of X grade as many as 25
students. Data collection techniques used questionnaires with Guttman scale. Instrument validity uses
content validity and construct validity. Data analysis technique used is descriptive technique. The
results of the study are as follows. (1) learning difficulties experienced by students are as follows: on
the affective aspects of students who have difficulty as much as 16 students (64%) with difficult
categories, the cognitive aspects of students who have difficulty as many as 17 students (68%) with
very difficult categories and psychomotor aspects of students had difficulty as many as 17 students
(68%) with very difficult category (2) The most dominant factor of learning difficulties of making
two-lane spacing is cognitive aspect, and psychomotor aspect.

Keywords: Analysis , Learning Difficulty, Two-Piece Placket


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2014). Belajar dan

Pembelajaran. Bandung:CV.

Alfabeta

Depdiknas. (2004). Kurikulum Sekolah

Menengah Kejuruasn Edisi 2004.

Jakarta: Direktorat Jenderal

Pendidikan Dasar dan

Menengah, Direktorat

Pendidikan Menengah Kejuruan

Slameto. (2015). Belajar dan faktor faktor

yang mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta

Sri Esti WD. (2002). Psikologi Pendidikan.

Jakarta: PT Grasindo




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i1.10557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1